SOLOPOS.COM - Botara Fest diadakan di Lapangan Kebonan, Karanggede, Boyolali, pada 29-30 juni 2024 dari pagi hingga malam.(Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI – Botara Fest merupakan festival seni dan buday yang diadakan di Karanggede, Boyolali. Dengan berbagai sajian menarik, festival tersebut menjadi salah satu acara yang dinantikan masyarakat dan wisatawan.

Gebrakan Botara (Boyolali Utara), menunjukkan eksistensi masyarakat perdesaan untuk menjadikan Boyolali Utara lebih maju, adaptif, kompetitif serta dikenal lebih luas.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Event tersebut terlaksana berkat dukungan berbagai stake holder, principal, dan komunitas yang mendukung kegiatan ini untuk kemajuan Boyolali Utara dan lebih luas lagi.

Dengan adanya event dan penggerak di wilayah Boyolali Utara, harapannya bisa mengangkat Boyolali utara lebih dikenal, perekonomian dan digitalisasi lebih maju, pariwisata lebih berkembang, dan kualitas sumber daya manusia (SM) bisa mengikuti perkembangan zaman.

“Tahun ini Botara Fest diadakan di Lapangan Kebonan, Karanggede, Boyolali, lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Acara ini diadakan pada 29-30 juni 2024 dari pagi hingga malam. Pengunjung bisa datang menikmati hiburan ditemani kuliner, tidak ada tiket masuk ini alias gratis,” kata Sandra Kurniawati sebagai penyelanggara kegiatan di bawah naungan Sinergi Organizer dalam keterangan tertulis.

Dijelaskan ada berbagai lomba seperti mewarnai untuk anak-anak dari seluruh TK di Boyolali. Ada juga lomba pentas seni tingkat SD hingga SMA. Mereka menampilkan berbagai jenis tarian, drama, dan musik yang Kreatif.

“Kami menghadirkan seni Reog dari crew Ladrang sewu, yang sudah berkiprah di kancah nasional, didukung dengan sound system yang telah menjuarai lomba di tingkat provinsi. Kami juga mengundang bintang tamu lokal yang sedang naik daun, Nancy Casia Garaga. Kami berharap Botara Fest akan selalu menjadi event tahunan, dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Boyolali yang jatuh di bulan Juni. Kami juga menggandeng seluruh sekolah di Kabupaten Boyolali, mulai dari TK hingga SMA,” ujar Sandra dalam keterangan tertulis.

Dijelaskan, selain kegiatan tersebut, Botara Fest juga dimeriahkan dengan senam dan jalan sehat pada Minggu (30/6/2024) pagi. Ada juga seminar parenting, fashion show, dan pembagian bibit tanaman serta cek kesehatan gratis.

“Dari event Botara Fest ini kami ingin mempromosikan Boyolali Utara sebagai destinasi wisata budaya dan ekonomi kreatif yang maju dan berkembang. Kami juga menyedikan berbagai doorprice menarik, seperti TV, kulkas, HP dan lainnya. Kami perkirakan event ini menarik 3.000-4.000 pengunjung. Sudah saatnya, kemajuan masyarakat tumbuh sampai di pelosok, tidak hanya di pusat kota. Saya mewakili masyarakat Boyolali Utara, berharap Botara Fest ini menjadi awal dari berkembangnya Wilayah Boyolali Utara lebih luas lagi,” jelas Sandra.

Sementara itu, Camat Karanggede, Utatik menyambut baik kegiatan Botara Fest ini.

“Kami mendukung kegiatan ini, karena selain untuk kegiatan ekonomi, budaya, di sini juga ada kegiatan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan. Bagus untuk memicu para UMKM lokal lebih semangat memajukan produk mereka. Mudah-mudahan akan bisa terus berkolaborasi Pemerintah dengan pegiat swasta maupun komunitas lainnya.” ujar Utatik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya