SOLOPOS.COM - Universitas Terbuka (UT) menggelar koordinasi dengan pelaku media dan perbankan dalam upaya penguatan mitra kerja di kampus UT Surakarta pada Jumat (16/9/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Universitas Terbuka (UT) semakin memperkuat jalinan kerja sama dengan mitra kerja untuk merealisasikan target 1 juta mahasiswa aktif.

Upaya penguatan kerjasama ini digelar UT Surakarta dengan mengumpulkan para mitra kerjanya di kampus UT Surakarta Jalan Raya Solo-Tawangmangu tepatnya di Sapen, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo pada Jumat (16/9/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja sama UT, Rahmat Budiman, mengatakan pihaknya berkomitmen mengimplementasikan amanah konstitusi dengan memberi akses pendidikan tinggi hingga ke pelosok negeri.

Dia mengatakan jumlah peminat UT kian bertambah. Bahkan mahasiswa aktif UT tercatat ada sekitar 700.000. Tren peningkatan mahasiswa ini tidak lepas dari kerja sama dengan para mitra kerja seperti unsur media massa dan perbankan.

Baca Juga: Cara Unik UT Surakarta Dekatkan Diri dengan Masyarakat lewat Senam Zumba

“Saya ucapkan terima kasih kepada media massa atas segala bantuannya. Media memberikan konstribusi besar kepada perkembangan UT. Perbankan juga sama memberikan konstribusi besar kemudahan layanan pembayaran bagi mahasiswa UT,” katanya.

Dia mengatakan peminat UT dari kalangan  fresh graduated atau lulusan SMA mengalami peningkatan. Meski 70 persen mahasiswa UT adalah mereka yang sudah bekerja baik guru, TNI, Polri maupun masyarakat umum.

Menurutnya, mulai ada sedikit pergeseran segmen mahasiswa UT di mana pada saat ini banyak sekali lulusan SMA. Mereka melanjutkan kuliah di UT dan pada saat bersamaan juga bisa meniti karier. Capaian tersebut merupakan kerja keras semua pihak yang terus mendukung UT.

Baca Juga: Bangun Kolaborasi Internasional, UIN Salatiga Hadirkan Profesor dari Jerman

“UT terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan pendidikannya. Bukan hanya jumlah atau kuantitas yang harus ditambah tetapi juga kualitasnya,” tuturnya.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, menyampaikan jumlah mahasiswanya meningkat signifikan. Dari data, jumlah mahasiswa pada semester ini yang melakukan registrasi hampir 10.000 orang.

“Hanya kurang 30 orang sudah 10.000 mahasiswa yang registrasi di semester ini,” katanya.

Capaian ini tidak lepas dari kerja sama dengan para mitra kerja. Pihaknya terus meningkatkan layanan untuk mempermudah mereka dalam mengakses pendidikan tinggi.

Saat ini UT Surakarta bukan lagi menjadi pilihan kedua bagi para calon mahasiswa. Namun sudah menjadi pilihan utama mereka yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya