SOLOPOS.COM - Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Setyowati. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Vaksinasi Covid-19 diprioritaskan untuk kelompok rentan pada 2024. Warga yang bukan kelompok rentan bisa mengakses layanan vaksin Covid-19 secara mandiri ke rumah sakit.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Setyowati menjelaskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan vaksinasi kelompok rentan, misalkan warga lansia, ibu hamil, dan warga memiliki komorbid. Kelompok ini mendapatkan layanan gratis.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Yang tidak masuk kelompok berisiko itu mandiri. Kemenkes tidak menetapkan harganya karena terkait pelayanan rumah sakit,” kata dia ditemui di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Senin (15/1/2024).

Dia menjelaskan kemungkinan sejumlah rumah sakit sudah membeli vaksin Covid-19 untuk stok vaksin. Dinas Kesehatan Kota Solo akan mengecek rumah sakit mana saja yang menyediakan layanan vaksin Covid-19.

“Kalau mau melaksanakan vaksin mandiri boleh. Kami menyarankan ke rumah sakit. Vaksin kami dari pusat gratis untuk kelompok rentan,” ujar dia.

Setyowati menambahkan jemaah calon haji lansia bisa mendapatkan layanan vaksin Covid-19 gratis. Namun, syarat cek kesehatan bagi calon haji yang diwajibkan adalah cek fisik dan hasil laboratorium saja.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu, menjelaskan dua kelompok yang mendapatkan vaksinasi gratis, yakni kelompok yang belum pernah menerima vaksin Covid-19 sama sekali dan kelompok yang sudah menerima minimal 1 dosis vaksin Covid-19.

“Baik kelompok pertama maupun kelompok kedua dikhususkan bagi masyarakat lanjut usia, lanjut usia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan, ibu hamil, serta remaja usia 12 tahun ke atas dan kelompok usia lainnya dengan kondisi immunocompromised [orang yang mengalami gangguan sistem imun] sedang–berat,” kata dia melalui laman resmi Kemenkes.

Maxi mengatakan masyarakat yang tidak masuk kriteria kelompok rentan bisa didapatkan layanan vaksin Covid-19 secara mandiri di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya