SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Solopos.com, BOYOLALI — Vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua untuk anak usia 6-11 tahun di Boyolali telah mencapai 100 persen. Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali fokus untuk melaksanakan vaksinasi booster bagi masyarakat setempat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, saat ditemui wartawan di kantor Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Ampera Boyolali Bupati pada akhir pekan lalu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Alhamdulillah, Boyolali dalam pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, baik vaksinasi dosis pertama dan kedua sudah mencapai 100 persen. Saat ini kami terus bergerak untuk vaksinasi booster. Kabupaten Boyolali ini masih perlu kami dorong percepatannya [vaksinasi booster],” ungkap Said.

Baca juga: Presiden Jokowi Apresiasi Capaian Vaksinasi Boyolali, Ini Pesannya

Lebih lanjut, Said mengungkapkan telah meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Boyolali untuk menjadwalkan vaksinasi booster bagi masyarakat Boyolali. Said mengungkapkan penjadwalan tersebut akan seperti program vaksinasi dosis I dan dosis II.

“Kalau hitungan kemarin [3/3/2022], yang kami terima masih rendah. Baru sekitar 40.000 sekian yang sudah tervaksin, dibanding sasaran 835.772, saya kira itu masih relatif kecil. Sehingga jadwal yang dulu pernah kita lakukan, ini kita laksanakan kembali dalam upaya percepatan vaksinasi booster yang kita laksanakan sekian waktu yang lalu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Said mengimbau kepada masyarakat untuk menghadapi pandemi Covid-19 dengan ketenangan batin. Menurutnya, dengan ketenangan batin akan meningkatkan imunitas.

“Akan tetapi, ketenangan batin dan peningkatan imun harus dibarengi protokol ksesehatan yang ditaati kita semua,” jelasnya.

Baca juga: Mengulik Batir, Tradisi Mengubur Ari-ari di Boyolali

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Puji Astuti, membenarkan penyataan Bupati Said mengenai vaksinasi anak di Boyolali telah mencapai 100 persen. Puji menjelaskan pada Minggu (6/3/2022), vaksinasi dosis I dan dosis II anak di Boyolali telah melebihi 100 persen.

Data yang Puji berikan mengungkap vaksinasi anak dosis pertama di Boyolali telah mencapai 104,9 persen dengan jumlah penerima 100.433 anak. Kemudian, untuk dosis kedua vaksinasi anak telah mencapai 100,5 persen dengan penerima 96.218 anak.

Sementara itu, per data Sabtu (5/3/2022) ada 41.392 orang di Boyolali yang telah disuntik vaksin booster. Puji mengungkapkan ke depan Dinkes Boyolali tidak hanya akan melayani vaksinasi booster saja, tapi semua jenis vaksinasi baik pertama, kedua, dan anak bagi yang belum melaksanakan vaksin.

“Untuk booster, sementara belum kami rencanakan dengan gerebek karena syaratnya lebih rigid. Tapi ini sedang kami data lagi [penerima vaksin booster],” ungkap Puji.

Baca juga: Petani Musuk Boyolali Sambat Panen Cabai Merosot, Ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya