SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian vaksin untuk imunisasi ke anak. (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar ancang-ancang melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di sekolah.

Saat ini pendataan dan verifikasi usia calon penerima vaksin mulai dilakukan dengan melibatkan pihak sekolah. Kepala DKK Karanganyar Purwati mengatakan akan meminta izin orang tua sebagai syarat sebelum anak usia 6-11 tahun menerima suntikan vaksin corona.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami telah menyiapkan skenario vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Nanti jenis vaksinnya Sinovac. Untuk pelaksanaan kemungkinan di lingkungan sekolah masing-masing,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Karanganyar Tembus 84,23%

Purwati mengatakan data calon penerima vaksin sedang diverifikasi pihak sekolah. Dimana Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sedang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendata calon penerima vaksin usia 6-11 tahun.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi di lingkungan sekolah dilakukam selain mempermudah juga untuk mendekatkan petugas vaksinator puskesmas ke lokasi.

“Jadi nanti mungkin kita lakukan di lingkungan sekolah masing-masing. Lebih mudah dan nyaman saja,” katanya.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Karanganyar Menanti Instruksi Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Sebelum menerima suntikan vaksin, pihaknya juga akan meminta persetujuan orangtua masing-masing. Hal ini menjadi syarat anak untuk mendapatkan vaksin.

Langkah ini sama seperti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas kemarin. Sejauh ini pihaknya masih menunggu instruksi resmi untuk pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

“Pada intinya kami siap melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Kami tinggal menunggu instruksi resminya saja,” katanya.

Baca Juga: Gerindra Karanganyar Gelar Vaksinasi, Jumlah Peserta Jauh Berkurang

Pemkab Karanganyar hingga kini terus mengebut akselerasi cakupan vaksinasi corona bagi warga di Bumi Intanpari. Merujuk data per 22 November, cakupan vaksinasi warga di Kabupaten Karanganyar dosis pertama tercatat 84,59 persen atau 620.375 orang dari target sasaran 733.359 orang. Sedangkan vaksinasi dosis kedua mencapai 74,04 persen atau sebanyak 542.963 orang.

Purwati kembali mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, mengurangi mobilitas, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan. Kendati kasus corona mengalami tren penurunan dibanding periode Juni-Juli lalu, namun warga diminta tidak lengah untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

Warga Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Agnes Safitri berharap pemerintah segera memberikan suntikan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi bagi anak tersebut sangat diperlukan sebagai upaya pencegahan paparan virus corona.

Baca Juga: Jelang Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Dinkes Sukoharjo Kumpulkan Data

“Saya punya anak satu usia masih 7 tahun dan berharap bisa segera divaksin. Apalagi sekarang sudah mulai pembelajaran tatap muka sehingga anak perlu segera divaksin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya