SOLOPOS.COM - Siswa MI Muhammadiyah Karanganyar mendapat vaksinasi dalam peluncuran vaksinasi Covid-19 bagi siswa usia 6-11 tahun di Karanganyar, Senin (27/12/2021). (Solopos/ Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sepekan berjalan, vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Karanganyar mencapai 26,04% dari target 80.593 anak. Vaksinasi anak ini dilaksanakan di sekolah masing-masing sejak 27 Desember 2021 lalu.

Keterangan ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Purwati, Senin (3/1/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Belum semua sekolah dasar (SD) menggelar vaksinasi Covid-19 karena masih menanti periode tunggu setelah melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Seperti di Puskesmas Jatiyoso, program BIAS yang dimulai awal Desember 2021 baru selesai akhir bulan. Kepala Puskesmas Jatiyoso, Wahyudi Wibowo mengatakan dengan adanya BIAS tersebut siswa masih harus menunggu dua pekan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Sembilan Kecamatan di Karanganyar Nol Kasus Corona

“Kalau di tempat kami memang belum dimulai karena BIAS baru selesai pekan lalu. Dan siswa harus menunggu dua pekan setelah mendapat BIAS sebelum divaksinasi Covid-19. Artinya setidaknya baru pekan depan kami mulai vaksinasi Covid-19,” ujar Wahyudi.

Begitu masa tunggu selesai, Puskesmas Jatiyoso akan melakukan vaksinasi Covid-19 secara serentak terhadap siswa di 29 sekolah agar lebih cepat selesai. Wahyudi berharap vaksinasi anak  6-11 tahun di Jatiyoso bisa tuntas sebelum 15 Januari 2022.

“Rencananya nanti bareng-bareng saja biar cepat selesai. Harapannya 15 Januari sudah selesai,” ungkapnya.

Baca Juga: Dukung Vaksinasi Anak, Orang Tua di Karanganyar Berharap PTM Penuh

Sementara itu, di wilayah Puskesmas Colomadu I, vaksinasi Covid-19 mendahulukan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal ini dilakukan sambil menunggu masa tunggu program BIAS selama dua pekan untuk siswa SD.

“Di tempat kami vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan sejak 27 Desember 2021. Tapi karena masih ada siswa SD yang ikut BIAS dan harus menunggu dua pekan, maka kami dahulukan vaksinasi bagi anak PAUD yang usianya 6 tahun,” ujar Kepala Puskesmas Colomadu I, Tri Sulistyowati.

Ia menjelaskan target vaksinasi 362 siswa PAUD sudah selesai dan segera dilanjutkan kepada 2.980 siswa SD/MI negeri maupun swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya