SOLOPOS.COM - Suasana rapat membahas vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak di Setda Kabupaten Sragen, Rabu (15/12/2021). (Solopos-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Kabupaten Sragen optimistis bisa mencapai target vaksinasi Covid-19 yang menyasar anak di Sragen pada akhir tahun. Vaksinasi rencananya dilakukan pada masa liburan semester di sekolah.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Setda Kabupaten Sragen, Rabu (15/12/2021), Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menggelar rapat dengan camat serta kepala puskesmas se-Kabupaten Sragen.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Vaksinasi Covid-19 yang menyasar anak usia 6-11 tahun dilakukan mulai Jumat (17/12/2021) pekan ini. Sedangkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen telah memberikan edaran tentang libur sekolah akhir semester ganjil mulai 20 Desember 2021 dan masuk 3 Januari 2022.

Baca juga: Rayakan HUT, Sesepuh Sampaikan Pesan Khusus untuk Anggota RAPI Sragen

Bupati menjelaskan sasaran vaksinasi Covid-19 mencapai 92.640 anak di Sragen. Sekolah mengakomodasi vaksinasi Covid-19 supaya efektif dan lebih mudah mengatur anak-anak sasaran vaksinasi.

“Sekolah lebih mudah seperti yang pernah kami lakukan pada SMA dan SMP yang sampai 13.000/hari. Insyaallah pada anak-anak terpenuhi targetnya,” jelasnya. Dia mengatakan para murid akan mendapatkan nutrisi berupa makanan dan minuman dari sekolah.

Dia mengatakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 yang dibatalkan membuat peserta didik bisa libur sesuai kalender pendidikan. Vaksinasi dilakukan pada masa libur sekolah. “Hari libur untuk vaksin biar gak dolan. Kan batal masuk ya, kami vaksin saja,” katanya sambil ketawa.

Baca juga: Dihadiri 1.000 Tamu, Begini Penerapan Protokol Kesehatan Saat Hajatan Bupati Sragen

Adapun capaian vaksinasi di Sragen mencapai 78% untuk dosis pertama. Sedangkan capaian dosis pertama berdasarkan KTP mencapai 87% dari target sasaran. Pemkab Sragen punya strategi untuk menyasar target yang belum vaksin dengan undian berhadiah tiga unit sepeda motor bagi yang beruntung.

Hadiah Sepeda Motor

Yuni mengatakan undian sepeda motor diundur sampai 27 Desember 2021. Warga yang belum divaksin berpeluang mendapatkan sepeda motor dengan datang ke fasyankes terdekat untuk vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen Suwardi menjelaskan libur sekolah kembali sesuai dengan kalender pendidikan setelah PPKM Level 3 Batal. Data 92.640 merupakan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen.

Baca juga: Tim Sepak Bola 16 SD dan MI di Sragen Bersaing di Militan Cup 2021

Sedangkan sekolah memiliki data siswa dari luar kota dan warga Sragen juga ada yang bersekolah di luar kota. “Saya enggak tahu aplikasinya nanti seperti apa namun kami menyediakan anaknya. Kami hari ini baru rapat dan akan menyampaikan kepada orang tua,” jelasnya.

Dia mengatakan vaksinasi disesuaikan dengan kemampuan tenaga kesehatan setiap wilayah kecamatan dan jumlah sasaran. Para petugas terkait akan bekerja keras untuk mencapai target vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya