SOLOPOS.COM - Vaksin Covid-19. (Bisnis-Bloomberg)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Sukoharjo diundur pada Februari 2021. Saat ini, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sukoharjo terus mematangkan infrastuktur program vaksinasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, kepada Solopos.com melalui telepon, Senin (11/1/2021). Yunia mengaku dihubungi langsung Satgas Covid-19 Jawa Tengah ihwal penundaan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

PHRI Sukoharjo Minta Keringanan Pajak Daerah Selama PSBB Jawa-Bali

“Khusus Sukoharjo pelaksanaan vaksinasi diundur Februari. Tidak jadi dilaksanakan pada 14 Januari. Hanya Kota Solo yang melaksanakan vaksinasi berbarengan dengan Kota Semarang dan Kabupaten Semarang pada 14 Februari,” katanya, Senin.

Lantaran pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 Sukoharjo diundur, Satgas memiliki waktu lebih untuk mematangkan persiapan. Baik infrastruktur, fasilitas kesehatan (faskes), hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

PSBB Jawa-Bali Dimulai! Tempat Ibadah Solo Perketat Pembatasan

Ketiga hal tersebut terus dioptimalkan agar pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar. Yunia menyebut pelaksanaan vaksin tahap pertama rencananya digelar di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) dikompleks Gedung Setda Sukoharjo.

Mengintensifkan Sosialisasi

Kemudian, calon penerima vaksin lainnya bakal disuntik di 26 faskes yang tersebar di Kabupaten Jamu. Ada 12 puskesmas, 10 rumah sakit, satu klinik Pratama Polri, dan tiga klinik Pratama TNI yang siap.

Enggak Main-Main! Denda Pelanggaran Prokes Sukoharjo Bisa Berlipat Loh...

Mengenai sosialisasi program vaksinasi Covid-19 Sukoharjo, Yunia menjelaskan satgas tingkat kecamatan bakal mengintensifkan sosialisasi dengan sasaran tokoh masyarakat. Juga tokoh agama, pemuda, dan penyandang disabilitas.

“Seluruh stakeholder bakal dioptimalkan untuk mengedukasi masyarakat ihwal manfaat vaksin pada masa pandemi Covid-19. Vaksin berfungsi membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit. Vaksin bisa memperlemah virus yang masuk ke dalam tubuh,” papar Yunia.

Siap-Siap! Mulai Senin Operasi Yustisi Prokes Digelar 3 Kali Sehari Di Sukoharjo

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo ini menyampaikan para penerima vaksin tetap dianjurkan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Protokol kesehatan itu seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air, serta menjaga jarak. Target sasaran pelaksanaan vaksinasi tahap pertama adalah tenaga kesehatan yang berjumlah sekitar 8.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya