SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

WONOGIRI – Enam parpol akhirnya bisa memenuhi deadline perbaikan berkas keanggotaan parpol, Senin (3/12/2012). Sebagai tindak lanjutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri akan melakukan verifikasi ulang terhadap 656 orang anggota enam parpol tersebut sesuai hasil penetapan sampel Senin malam.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Seperti diketahui, enam parpol yaitu Partai Bulan Bintang, Hati Nurani Rakyat, Partai Persatuan Nasional, Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Demokrasi Pembaruan, dan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru dinyatakan tidak lolos verifikasi keanggotaan karena dalam 10% sampel yang diuji 5-24 November lalu, saat diperhitungkan tidak memenuhi minimal 1.000 anggota se-Wonogiri. Enam parpol itu diminta menyerahkan berkas perbaikan maksimal Senin.

Ketua KPU Wonogiri, Joko Purnomo, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (4/12/2012), menjelaskan enam parpol tersebut telah menyerahkan berkas berupa fotokopi kartu tanda anggota (KTA) dengan jumlah minimal sama dengan KTA yang diserahkan saat awal pendaftaran, 7 September. “Kecuali PBB, malah menyerahkan fotokopi KTA yang jumlahnya lebih banyak, sampai 1.242 KTA. Semua parpol telah menyerahkan berkas perbaikan, sudah ditentukan sampelnya ada 656 orang dan akan kami verifikasi mulai besok [Rabu, 5/12/2012],” ungkap Joko.

Dia menambahkan verifikasi faktual ulang rencananya akan dilaksanakan selama 2-3 hari ke depan. Seperti verifikasi sebelumnya, KPU Wonogiri akan mengerahkan 20 orang anggota tim untuk langsung terjun ke lapangan. Jika dalam verifikasi itu tim kembali menemukan anggota parpol yang tidak mengakui diri mereka sebagai anggota parpol dan jumlahnya terlalu banyak, parpol bersangkutan dipastikan gagal menjadi peserta pemilu 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya