SOLOPOS.COM - Bus BST koridor 4 kembali melewati viaduk Gilingan depan Masjid Sheikh Zayed per Selasa (11/7/2023). (Dok)

Solopos.com, SOLO–Bus Batik Solo Trans (BST) koridor 4 kembali ke rute awal melewati Viaduk Gilingan atau Masjid Sheikh Zayed Solo, per Selasa (11/7/2023) pagi. Layanan BST menjadi salah satu alternatif bagi warga karena ada larangan melintasi Viaduk Gilingan bagi pejalan kaki.

“Rencana Koridor 4 sudah lewat Viaduk Gilingan besok. Kami menyediakan 16 unit BST,” kata petugas operasional PT Bengawan Solo Trans/operator BST, Coco, kepada Solopos.com, Senin (10/7/2023) sore.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebagai informasi, rute BST Koridor 4, antara lain Terminal Kartasura- Jl A Yani- Terminal Palur. Namun, selama Viaduk Gilingan ditutup rutenya harus memutar, yakni melintasi dari barat ke timur Jl A Yani, Jl Letjen S. Parman, Jl Monginsidi, Jl DI Panjaitan, dan Jl A Yani.

Rute sebaliknya, yakni Jl A Yani, Jl DI Panjaitan, Jl Monginsidi, Jl Letjen S Parman, Jl A Yani. Dengan dibukanya Viaduk Gilingan membuat Jl DI Panjaitan, Jl Monginsidi, Jl Letjen S Parman tidak dilintasi bus BST Koridor 4.

“Nanti melintasi Masjid Sheikh Zayed tambah ramai. Koridor 4 banyak penumpang pelajar karena banyak sekolah dan banyak penumpang umum,” jelas dia.

Menurut dia, Koridor 4 bisa menjadi salah satu alternatif bagi warga karena ada larangan melintasi Viaduk Gilingan bagi pejalan kaki. Belum ada fasilitas jalur pedestrian pada Viaduk Gilingan.

“Pejalan kaki gak boleh lewat situ,  bisa naik bus,” papar dia.

Menurut Coco, utara Masjid Sheikh Zayed sudah ada fasilitas halte. Penumpang tak perlu berjalan kaki jauh untuk menuju Masjid Sheikh Zayed.

Adapun Dishub Solo mendorong para penumpang khususnya pelajar, mahasiswa, orang lansia, dan orang berkebutuhan khusus untuk bisa menikmati tarif khusus atau di luar tarif umum Rp3.700 per orang. Tarif khusus yang berlaku bagi pelajar, mahasiswa, orang lansia, dan orang penyandang disabilitas Rp2.000.

Namun, untuk menikmati tarif khusus itu  para pengguna layanan bus dan feeder BST khususnya pelajar, orang lansia, dan penumpang berkebutuhan khusus untuk mendaftar dan aktivasi tarif khusus BST.

Pendaftaran bisa dilakukan di Kantor Dishub Solo dan Mal Pelayanan Publik (MPP) Solo atau pada event khusus seperti Solo Car Free Day. Pengguna layanan bus dan feeder BST diminta membawa KTP/kartu pelajar/kartu mahasiswa dan e-money untuk registrasi.

Selanjutnya tahap aktivasi e-money/kartu khusus baru bisa dilakukan di bus BST koridor 5, Terminal Palur, Halte Pasar Klewer, dan Terminal Kartasura sejauh ini. Petugas Dishub Solo maupun operator BST akan membantu penumpang BST.

Kasi Angkutan Dinas Perhubungan Dwi Sugiarso menjelaskan jumlah penumpang bus BST paling banyak adalah Koridor 1 dan disusul Koridor 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya