SOLOPOS.COM - Kendaraan melintasi Viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, Selasa (9/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Viaduk Gilingan di Jl Ahmad Yani, Solo, Jawa Tengah direnovasi dan bakal ditutup. Akan tetapi, untuk sementara ini akan digunakan sistem buka tutup.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari unggahan akun Instagram resmi Pemkot Solo, viaduk Gilingan direnovasi akan ditinggikan dan dilebarkan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Untuk tahap pertama akan dilakukan pengerjaan jembatan dari Agustus 2022 hingga Februari 2023. Nah, pada masa ini akan dilakukan buka tutup Jl Ahmad Yani.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, menjelaskan teknis buka tutup Jl A Yani kawasan viaduk Gilingan mengikuti perencanaan dari BTP Jabagteng.

Baca Juga: Hemat saat Harga BBM Naik, Ini Motor Listrik yang Sudah Dijual di Indonesia

“Yang pasti ada masa yang mengharuskan tutup total. Namun sebelum itu arus lalu lintas masih bisa melintas normal meski mungkin ada perlambatan karena ada kegiatan di kiri dan kanan jalan,” katanya melalui Whatsapp, Selasa (9/8/2022).

Ari mengatakan akan ada petugas di lapangan dan kelengkapan perambuan, termasuk rambu penutupan jalan/rambu pengalihan arus/rambu perbaikan underpass. Selain itu, ada penyesuaian lama waktu siklus lampu lalu lintas, di antaranya APILL di Ngemplak.

Baca Juga: Sederet Fasilitas Mewah Al Azhar IIBS, Sekolah Anak Irfan Hakim di Karanganyar

Selanjutnya, kata dia, APILL simpang tiga Gilingan, simpang lima Stasiun Solo Balapan, simpang lima Banjarsari,  simpang empat Terminal Tirtonadi, dan APILL Cengklik.

Kemudian, pada Februari-April 2023, viaduk Gilingan bakal ditutup total karena ada penurunan elevasi jalan.

Baca Juga: Bikin Haru! Kisah Keluarga Anak SD di Karanganyar yang Viral karena Penuh Kutu

Pekerjaan renovasi viaduk Gilingan ini akan membuat ruang bebas untuk kendaraan yang semula hanya 3,7 meter menjadi 4,2 meter.

Dengan ketinggian itu, viaduk Gilingan, Solo, dapat dilalui bus besar yang akan menuju ke Sheikh Zayed Grand Mosque. Pekerjaan itu membutuhkan waktu selama tiga bulan dari Februari 2023 sampai April 2023. Selama pekerjaan, Jl A Yani akan ditutup total.

Baca Juga: Daftar Kenaikan Harga BBM Pertalite, Solar, dan Pertamax per 3 September 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya