SOLOPOS.COM - Atap pabrik PT Delta Dunia Textile (DDT) di Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar porak poranda diterjang puting beliung, Jumat (21/10/2022) sore. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Video detik-detik angin puting beliung menerjang pabrik PT Delta Dunia Textile (DDT) di Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar viral di media sosial (medsos) pada Jumat (21/10/2022).

Dalam rekaman video berdurasi hampir satu menit ini tampak atap pabrik berterbangan. Trafo di lokasi pabrik bahkan meledak hingga mengakibatkan aliran listrik padam.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Karyawan pabrik setempat, Jono, membenarkan kejadian tersebut. Puting beliung menerjang sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu cuaca hujan deras disertai angin kencang. Tiba-tiba angin berputar-putar di atas pabrik hingga menerbangkan atap pabrik tersebut.

“Atap bagian gudang yang rusak parah. Semua atap berterbangan,” Kata dia kepada Solopos.com.

Atas kejadian ini seluruh karyawan dipulangkan. Aliran listrik hingga berita ini ditulis masih padam. Pabrik sementara menggunakan genset untuk mengaliri aliran listrik.

Baca Juga: Warga Azan Lihat Puting Beliung Terbangkan Atap Pabrik DDT di Karanganyar

Camat Tasikmadu, Joko Setyono, mengatakan atap pabrik PT DDT yang berterbangan menimpa sebagian rumah penduduk di sekitar lokasi. Rumah warga mengalami kerusakan ringan dan sedang.

“Kami masih mendata ada berapa rumah yang rusak, pohon tumbang dan lainnya terdampak angin ini,” katanya.

Dia mengatakan ada dua desa di wilayahnya yang terkena bencana puting beliung. Kedua wilayah ini adalah Desa Pandeyan dan Desa Kaling. Selain genteng rumah berterbangan, hujan dan angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar bersama sukarelawan melakukan penanganan dampak puting beliung tersebut.

Warga Pandeyan, Tasikmadu, Martoimo, 72, mengatakan rumahnya rusak tertimpa pohon tumbang yang berada tepat disamping rumah. Kejadiaan itu terjadi tepat saat azan Asar. Saat itu hujan disertai angin secara tiba-tiba membuat pohon tumbang samping rumahnya tumbang.

Baca Juga: Angin Kencang Terjang 2 Desa di Karanganyar, Atap Pabrik Ini Porak Poranda

“Bunyinya keras sekali. Bruk… Posisi saya ada diteras rumah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya