SOLOPOS.COM - Personel Viens Boys hadir dalam konferensi pers event Solo Kreatif Festival 2021 di Solo, Kamis (18/11/2021). (Solopos/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — Festival yang bergerak di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, Solo Kreatif Festival 2021 (Creavest 2.0), kembali digelar pada Sabtu (20/11/2021) mendatang. Tahun ini mereka menggandeng kelompok anak muda kreatif Solo, Viens Boys, sebagai maskot.

Creative Director of Creavest 2.0, Naim Rizal, saat jumpa pers, Kamis (18/11/2021), menjelaskan tema yang diusung yakni Local Youth Creative and Culture Fusion. Melalui tema tersebut mereka ingin memberikan ruang kreatif bagi anak muda yang berani tampil kekinian namun tetap berbudaya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Naim menilai semangat itu sesuai selaras dengan apa yang dilakukan anak-anak muda kreatif Solo yang tergabung di Viens Boys. Viens Boys berhasil menggaet atensi publik di media sosial dengan menyisipkan konten lokal.

Karyanya diapresiasi banyak pihak hingga lingkup nasional. “Memadukan semangat muda, ide segar, dan budaya setempat, spirit ini akan membawa nyawa baru tersendiri bagi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” Naim tentang Solo Kreatif Festival 2021.

Baca Juga: Koordinator Literasi Digital: Warga Solo Cenderung Toleran di Medsos

Viens Boys bahkan berulang kali menjalin kolaborasi dengan sejumlah kreator Tanah Air seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Ivan Gunawan, dan Ruben Onsu. Ditambah sering tampil dalam berbagai acara baik di media online maupun televisi nasional.

Popularitas grup ini, kata Naim, menjadi aset berharga dalam ajang promosi daerah. “Viens Boys dirasa mampu menjadi sosok representatif yang menggambarkan wajah anak muda kreatif di Kota Solo,” imbuhnya.

Tur Wisata Virtual

Creavest 2.0 bakal diadakan secara hybrid yakni luring di Studio Lokananta Solo dan daring di kanal Youtube Creavest, dan Gibran TV. Acara dimulai pada pukul 15.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Serangkaian kegiatannya meliputi talkshow para pelaku industri kreatif Solo, belanja virtual bareng usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Solo, virtual tour Kampung Wisata Baluwarti dan Kuliner Pasar Gede serta live art performance. Ada sepuluh komunitas dan sanggar seni kreatif yang bakal mereka libatkan.

Baca Juga: Ketat! Begini Pembatasan Aktivitas Masyarakat saat Solo PPKM Level 3

Perwakilan Vien Boys, Raihan Adam Firmansyah, 18, mengatakan bersyukur ditunjuk sebagai maskot dalam event Solo Kreatif Festival 2021. Alumnus SMA Negeri 3 Solo ini sepakat bahwa anak muda harus ikut berkontribusi untuk daerah masing-masing. Khususnya dalam promosi wisata kota.

Saat ini Adam cs memang tengah fokus belajar tentang seni budaya Kota Solo. Beberapa yang dipelajari yakni seni tari dan modeling. Di ajang Creavest 2.0 nanti mereka bakal menari kontemporer dan tampil fashion show mengenakan pakaian berbahan wastra nusantara.

“Kalau sebelumnya kami sudah dikenal di medsos lewat Tiktok dan lainnya, ke depan kami ingin membawa seni dan budaya Solo di medsos tersebut. Ini sekaligus sebagai pembuktian kalau kami juga punya peran ikut mempromosikan budaya daerah. Karena kami ingin ke depan budaya juga bisa dekat dengan anak muda,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya