SOLOPOS.COM - Bus Agra Mas double decker. (agramasgroup.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Meski harga tiketnya naik saat Lebaran, bus Wonogiri-Jakarta diprediksi bakal tetap jadi pilihan para perantau atau kaum boro untuk pulang kampung, apalagi fasilitas yang ditawarkan bus saat ini juga cukup beragam dan membuat penumpang nyaman dalam perjalanan.

Pemilik perusahaan otobus (PO) Sedya Mulya, Toto Tri Mulyarto, kepada Solopos.com, Selasa (28/3/2023), mengatakan PO Sedya Mulya menyediakan 10 unit bus eksekutif untuk trayek Jakarta-Wonogiri pada momen Lebaran nanti. PO bus asli Wonogiri itu pun memberikan beragam fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dia menjelaskan beberapa fasilitas dalam bus itu meliputi 32 kursi baring, leg rest atau sandaran kaki, toilet, bantal, dan kupon makanan. “Fasilitas [bus] eksekutif,” kata Toto. Selain fasilitas di dalam bus, pada momen Lebaran ini, PO Sedya Mulya menyediakan shuttle minibus untuk antar-jemput penumpang di beberapa wilayah Wonogiri.

“[Ada) dua minibus, Pregio dan Granmax, untuk membantu penyaluran penumpang ke daerah-daerah,” ujar dia. Sebagai informasi, titik keberangkatan dan kedatangan penumpang bus arus mudik dan balik di Wonogiri-Jakarta yakni di Terminal Tipe A Giri Adipura, Kecamatan Selogiri.

Dua shuttle bus PO Sedya Mulya akan mengantar-jemput penumpang dari terminal ke wilayah Wonogiri selatan seperti Wuryantoro, Eromoko, dan Pracimantoro. Begitu juga sebaliknya saat berangkat. “Ini [shuttle bus] free [gratis] untuk penumpang PO Sedya Mulya. Tidak ada biaya tambahan,” jelas Toto.

Toto memprediksi akan lebih banyak perantau dari Wonogiri yang pulang pada arus mudik Lebaran 2023 ini. Hal itu lantaran tahun ini tidak ada lagi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seperti tahun-tahun sebelumnya selama pandemi Covid-19.

Penumpang di Terminal Wonogiri bus wonogiri-jakarta
Sejumlah penumpang menunggu keberangkatan bus di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Selasa (3/1/2023). Tiket bus di sejumlah PO di Wonogiri ludes terjual pada momen libur Nataru. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Oleh karena itu, PO-nya telah menyiapkan bus pariwisata untuk back up atau cadangan jika terjadi lonjakan jumlah penumpang. Pada 2023 ini, PO Sedya Mulya juga menambah dua bus reguler.

Rutin Cek Kelaikan Jalan

Mengenai kelaikan jalan Wonogiri-Jakarta, Toto mengatakan setiap bus PO Sedya Mulya sudah menyiapkan dan mengecek secara rutin kondisi bus. Hal itu untuk memastikan bus yang beroperasi baik untuk arus mudik atau balik Lebaran berjalan baik dan memberikan kenyamanan penumpang.

Anggota staf operasional PO Haryanto, Heru Setiyono, mengungkapkan PO Haryanto juga menawarkan fasilitas bus seperti bus eksekutif dengan kabin ber-AC, toilet, bantal, dan pijakan kaki di masing-masing tempat duduk.

“PO Haryanto trayek Jakarta-Wonogiri full tol [melintasi jalan tol]. Estimasi waktu perjalanannya sembilan sampai 10 jam kalau lancar,” kata Heru.

Sementara itu, PO Anugerah Mas atau Agra Mas juga tak mau kalah menawarkan berbagai fasilitas bus mewah untuk memanjakan para penumpangnya di rute Wonogiri-Jakarta. Mengutip informasi di laman resmi PO tersebut agramasgroup.com, selain kelas VIP dan Executive, PO ini juga menawarkan jelas Super Double Decker.

Fasilitas bus Super Double Decker ini meliputi konfigurasi bangku 2-2, sekat pemisah antara kru dan penumpang, recleaning seat, sandaran kaki, bantal dan selimut, dipenser air panas dan normal. Kemudian televisi, AC dan lampu baca, bagasi kabin, stasiun pengisi daya baterai HP, serta makan dan snack.

Rutenya dari Wonogiri ke Bogor berangkat pukul 16.30 WIB dan sampai di tujuan pukul 04.00 WIB esok harinya. Kemudian dari Bogor ke Wonogiri berangkat pukul 16.15 WIB dan sampai di tujuan pukul 05.00 WIB esok harinya.

Seperti diberitakan sebelumnya, menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2023, sejumlah PO di Wonogiri mulai bersiap menaikkan tarif. Kenaikan tarif diberlakukan bertahap, ada yang tiga tahap, ada juga yang empat tahap.

Kenaikan paling tinggi yakni saat puncak arus mudik dan balik, H-7 sampai H+7 Lebaran, mencapai lebih dari 100% atau dua kali lipat tarif normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya