SOLOPOS.COM - Fenomena unik mirip awan topi atau lentikular muncul di langit Klaten, Minggu (12/3/2023) sore. (Instagram @infocegatanklaten)

Solopos.com, KLATEN — Foto fenomena alam unik berupa awan topi atau lentikular di langit Klaten beredar viral di media sosial (medsos), Minggu (12/3/2023). Awan unik itu disebut muncul pada Minggu sore dan terlihat di beberapa wilayah.

Foto awan itu diunggah salah satunya di akun Instagram @infocegatanklaten pada Minggu malam. Ada lima foto yang menampakkan awan dengan bentuk menyerupai topi berwarna kuning keemasan tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Fenomena awan unik sore mau neng sisi #merapi … ono seng weruh mas mbak ?” tulis pengelola akun @infocegatanklaten.

Beberapa pengguna Instagram langsung mengenali awan itu sebagai awan lentikular. “Ini lentikularis bukan?” tulis warganet dengan nama akun @alfikurniadha di kolom komentar unggahan tersebut.

“Caping gunung min… Alias lenticular,” tulis warganet lain dengan nama akun @menur_rani.

“Ng nggonku ketok gede bgt min pas ng nduwur ngno, jadi was was,” tulis @agnesaayu_.

Sementara itu, gambar fenomena awan unik yang sama juga terlihat sekilas pada video unggahan akun Instagram @kabar_klaten yang diambil di objek wisata Rawa Jombor di Krakitan, Bayat, Klaten, Minggu (12/3/2023) sore.

Meski video itu lebih fokus pada keramaian objek wisata itu, penampakan awan unik itu tak lepas dari perhatian warganet.

“salfok sama awan disisi kanan, mirip ufo,” tulis @bunnissaaaaaa di kolom komentar unggahan tersebut, Minggu.

“Galfok awan koyo puting beliung,” tulis @rachmanisa.01.

“kenapa awan yg bagus gak di vidio ful itu.. awal2 vidio sebelah kanan padahal awanya baguss,” tulis @ary_aksa_al_fatih.

Fenomena unik berupa awan lentikular atau awan topi atau caping gunung bukan kali pertama ini muncul di kawasan pegunungan Soloraya, termasuk Klaten. Di Gunung Merapi, awan berbentuk menyerupai topi ini beberapa kali terpantau muncul.

Misalnya pada 5 November 2020, fenomena alam berupa awan topi muncul di puncak Gunung Merapi pada pagi hari. Awan berbentuk tak biasa itu terpantau dari wilayah Boyolali hingga Klaten, Jawa Tengah.

Dari foto yang diunggah di media sosial memperlihatkan gumpalan awan putih pekat di sekitar puncak Gunung Merapi. Awan tersebut merupakan jenis awan lentikular yang biasa terjadi di wilayah pegunungan dengan bentuk seperti caping.

Pada hari yang sama, awan berbentuk topi juga muncul di atas Gunung Lawu, Karanganyar. Kemudian pada 14 Januari 2021, fenomena alam berupa awan lentikularis berwarna merah terlihat saat Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar. Peristiwa menakjubkan itu diabadikan dan diunggah di akun Twitter @TRCBPBDDIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya