SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Sosok polisi yang viral berkat aksi heroiknya memanjat tiang bendera saat upacara peringatan HUT ke-78 RI di lapangan Gebyok, Juwangi, Boyolali, Kamis (17/8/2023), diketahui bernama Bripka Suparno.

Bripka Suparno terekam kamera video memanjat tiang bendera yang talinya rusak saat petugas upacara mengibarkan bendera Merah Putih. Dengan sigap, ia memanjat tiang itu tanpa memedulikan keselamatannya agar bendera Merah Putih bisa berkibar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ihwal identitas polisi yang viral tersebut diungkapkan Kasi Humas Polres Boyolali, Iptu Arif Mudi. “[Pemanjat tiang bendera] Bripka Suparno, anggota Polsek Juwangi,” ungkap Arif kepada Solopos.com, Kamis.

Diketahui, video aksi heroik polisi bernama Bripka Suparno saat upacara HUT RI di Juwangi, Boyolali, itu viral di berbagai media sosial dan story Whatsapp warga. Arif pun mengirimkan video Bripka Suparno yang menjelaskan kronologi kejadian lepasnya tali bendera pada saat pengibaran bendera Merah Putih di Juwangi.

Dalam video itu, Bripka Suparno menjelaskan awalnya ia bertugas untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas di sekitar lapangan. Ia mengaku pada saat pengibaran bendera berlangsung, ia berada sekitar lima meter dari tiang bendera.

“Kemudian, tiba-tiba tali tersebut lepas. Setelah itu, saya inisiatif untuk memanjat, meraih talinya yang lepas itu untuk saya pasang kembali,” jelas dia.

Suparno menjelaskan ketinggian tiang bendera yang ia panjat kurang lebih 10 meter. Namun, ia memanjang sekitar 2/3 tiang atau sekitar tujuh meter.

Ia mengaku sempat terkendala angin saat membetulkan tali tiang bendera itu. Polisi yang jadi viral di Juwangi, Boyolali, itu menceritakan saat ia memanjat tiang, angin berembus lebih kuat sehingga tiang bergoyang.

Apresiasi dari Camat Juwangi

Sebelumnya diberitakan, polisi di Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, viral lantaran aksi heroiknya memanjat tiang bendera yang rusak saat upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kecamatan Juwangi, Kamis (17/8/2023).

Video tersebut tersebar di beberapa akun media sosial dan juga status Whatsapp warga Juwangi. Camat Juwangi, Hari Haryanto, membenarkan kejadian tersebut terjadi saat upacara HUT ke-78 RI di Kecamatan Juwangi.

Hari mengapresiasi tindakan Bripka Suparno yang ia ketahui merupakan Kanit Intel Polsek Juwangi. “Aksi heroik yang luar biasa dari anggota Polsek Juwangi, Bripka Parno, Kanit Intel. Demi sang saka, dia refleks gerak cepat naik karena tali lepas akibat angin kencang,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Salah satu warga Juwangi yang menjadi peserta upacara, Muhammad Qoribudin Ihsan, 28, menceritakan saat kejadian, ia menyadari lagu Indonesia Raya sudah berkumandang namun bendera tidak kunjung naik.

“Saya lihat tadi waktu pengibaran bendera, itu talinya entah putus atau lepas, pastinya saya kurang tahu,” kata dia soal kejadian yang membuat polisi di Juwangi, Boyolali, viral.

Ia kemudian menyaksikan seorang polisi di dekat tiang bendera langsung sigap memanjat tiang tersebut lalu membenahi tali dan bendera merah putih pun naik.

“Tadi suasana alhamdulillah tetap tenang, tidak ada kegaduhan. Setelah polisi selesai memanjat, peserta upacara memberikan tepuk tangan karena kesigapan polisi. Tanpa basa-basi beliau langsung memanjat dan membenahi,” kata dia.

Meski tak tahu pasti identitas polisi itu, Qorib mengaku sangat bangga dengan kesigapan polisi itu dalam menangani situasi genting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya