SOLOPOS.COM - Portal terpasang di area Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (29/3/2022).

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebuah truk bermuatan putar balik di kawasan Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, setelah area itu dipasangi portal setinggi empat meter pada Senin (28/3/2022). Video terkait kejadian tersebut diunggah akun media sosial Instagram @pawartoskartasura dan menjadi perbincangan warganet.

“Truk bermuatan tinggi terjebak di Underpass Makamhaji Kartasura, Senin (28/3/2022),” tulis caption dalam unggahan video tersebut yang dikutip Selasa (29/3/2022).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Warga Kartasura, Dhenny Kristianto, menyatakan peristiwa truk putar balik sebelum masuk area Underpass Makamhaji tersebut terjadi pada Senin sore. “Kemarin sore sekitar pukul 18.00 WIB, truknya belum sampai nyangkut, tahu ada portal langsung truk mundur cari jalan untuk putar balik,” jelas pria yang juga anggota Komunitas Pawartos saat dihubungi Solopos.com, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Kartasura Lokasi Terfavorit, Ini Persebaran Perumahan di Sukoharjo

Menurut Dhenny, pengemudi truk tersebut diduga tidak membaca rambu-rambu yang telah terpasang di sepanjang jalan. Sementara pemasangan portal, ungkap dia. juga baru usai pada hari itu.

“Mungkin belum tahu [rambu-rambunya], truknya dari [arah] Kartasura melaju ke timur menuju ke Tugu Lilin [arah Solo],” jelasnya.

Unggahan video oleh @pawartoskartasura tersebut juga dikomentari beberapa akun lain. “Sudah ada papan peringatan kok itu, dari barat ada dari timur pun juga ada.. mungkin pak supir nya ga [tidak] baca peringatan nya,atau kalo baca ga [tidak] hiraukan,” komentar akun @adam.haryono.

Tak hanya akun tersebut beberapa akun lain juga menyatakan hal yang sama terkait rambu-rambu, ada pula yang memberikan informasi tinggi portal pada bibir pintu underpass itu.

Baca juga: Underpass Makamhaji Kartasura Dibuka Usai Perbaikan, Ini Kata Warga

“Itu posisi truk belom masuk portal bosque masih sebelum portal,,cuma jalannya sempit jadi ndak bisa muter balik mau mundur juga kejauhan + kehalang mobil yang dari barat mau ke timur jadinya kejebak, tinggi portal 4 meter tinggi terowongan 4.3 meter keluar masuk ada portalnya bosque,” tulis akun @very.99 dalam komentar postingan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Underpass Makamhaji telah dibuka lagi untuk lalu lintas umum sejak Selasa (8/3/2022) setelah ditutup untuk perbaikan selama dua. Setelah Underpass Makamhaji kembali buka, kendaraan bertonase berat dilarang melintas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, beberapa waktu lalu mengatakan kendaraan berat yang mengarah ke Yogyakarta dan Semarang dialihkan ke jalur lain.

Baca juga: Underpass Makamhaji Kartasura Dibuka, Kendaraan Berat Dilarang Lewat!

“Kendaraan yang JBB [Jumlah Berat Bruto] 8.500 kilogram ke atas dilarang melewati underpass [Makamhaji],” ujarnya. Toni juga mengatakan pemasangan portal dilakukan guna menertibkan truk JBB 8.500 kg itu.

Lebih lanjut, Toni menyatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait kendaraan berat yang tidak boleh melintas di Underpass Makamhaji. Selain itu, dia mengklaim jika rambu-rambu telah terpasang di sepanjang jalan dari arah Semarang.

“Nanti yang dari Semarang akan terbagi dua menuju ke sebelah utara melalui Kartasura, Kleco [Faroka] belok kiri, nanti melewati Solo. Kemudian yang kedua kami alihkan ke kanan nanti ke Pakis, Daleman, Kadilangu, akhirnya ke [jembatan] Bacem [Solo Baru],” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya