SOLOPOS.COM - Antrean kendaraan pengangkut sampah sebelum ditimbang serta masuk area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (25/4/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso).

Solopos.com, SOLO — Volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Kelurahan Mojosongo, Jebres, Solo, mengalami penurunan selama libur Lebaran 2023. 

Volume sampah harian warga Solo bahkan turun signifikan hampir 600% dibandingkan hari biasa saat Hari Lebaran.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala UPTD Pengelolaan TPA Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo Edy Suparmanto menjelaskan berat sampah yang masuk TPA Putri Cempo pada Sabtu (22/4/2023) sebanyak 66,18 ton, sedangkan pada Minggu (23/4/2023) sebanyak 272,27 ton.

Padahal biasanya volume sampah harian di Solo yang masuk ke TPA Putri Cempo mencapai 400 ton per hari.

Edy mengatakan jenis sampah didominasi sampah rumah tangga dan sampah dari petugas kebersihan di jalanan Kota Solo. Rekap data secara detail belum selesai sampai Selasa siang.

“Sedangkan hari biasa mencapai lebih dari 400 ton/hari. Biasanya sampah akan kembali naik di hari pertama setelah liburan lebaran [mulai Senin]” kata dia kepada Solopos.com.

Menurut Edy, banyak warga yang mudik meskipun Kota Solo menerima kunjungan warga luar Kota Solo waktu Lebaran 2023. Selain itu, ada sejumlah sampah rumah tangga yang belum masuk ke TPA Putri Cempo.

“Di hari Lebaran itu banyak pengangkutan sampah di rumah tangga belum aktif. Sampah yang masuk baru sebagian dari armada yang masuk,” ujarnya.

Edy mengatakan pelayanan terkait sampah di TPA Putri Cempo berjalan normal. Para petugas ada yang piket untuk melakukan penimbangan dan penataan sampah.

Sampah yang datang harus segera ditata supaya tidak mengganggu operasional TPA Putri Cempo. Pengambilan sampah di jalanan juga dilakukan petugas piket. “Secara umum, dinas tidak ada perubahan signifikan pelayanan,” paparnya.

Dia mengatakan biasanya petugas sampah mulai mengangkut sampah sampai TPA Putri Cempo sekitar pukul 05.30 WIB. Sampah yang masuk terakhir sekitar pukul 18.00 WIB,  kecuali petugas internal DLH.

“Mulai gelap sudah tutup kecuali Satgas DLH yang masuk waktu malam. Ada petugas angkut sampah membersihkan sampah waktu malam dilayani,” kata dia.

Sementara, berdasarkan pantauan Solopos.com, antrean kendaraan mengular di pintu masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (25/4/2023) pukul 11.00 WIB.

Kendaraan itu antara lain Mitsubishi Colt L300, truk, dan gerobak motor. Mereka harus antre untuk dilayani operator TPA Putri Cempo. Kira-kira ada delapan kendaraan yang bisa masuk area TPA Putri Cempo secara bergantian setelah penimbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya