SOLOPOS.COM - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo (dok)

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo (dok)

Solo (Solopos.com)--Volume sampah TPA Putri Cempo di Mojosongo, Jebres mulai naik sepanjang bulan Ramadan ini. Diperkirakan peningkatan volume sampah bakal memuncak pada hari Lebaran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Penjelasan itu disampaikan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, Satriyo Teguh Subroto saat dihubungi Solopos.com, Minggu (7/8/2011). Menurut dia peningkatan volume sampah merupakan fenomena rutin tiap bulan puasa.

“Pada hari biasa volume sampah 230 ton hingga 250 ton, sepekan terakhir ini menjadi 260 ton per hari. Peningkatan volume sampah ini dikarenakan datangnya bulan Ramadan,” katanya.

Dia memperkirakan pada Lebaran mendatang peningkatan volume sampah bisa mencapai 75 ton per hari. Artinya volume sampah meningkat sekitar 20-30 persen dibandingkan pada hari biasa. Untuk lebaran tahun lalu, persentase kenaikan volume sampah hanya mencapai angka 20 persen saja. Tahun ini diyakini bakal semakin besar menyusul naiknya angka kunjungan masyarakat ke Kota Bengawan baik wisatawan asing maupun domestik.

“Kami prediksi memang naik seiring makin banyaknya masyarakat yang berkunjung ke Solo,” imbuhnya.

Satriyo menjelaskan untuk mengantisipasi lonjakan volume sampah pihaknya telah menganggarkan dana Rp 160 juta tahun ini. Dana sebesar itu untuk menyewa satu unit buldoser pengeruk/penata sampah.

kur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya