SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Pemasangan penereangan jalan umum (PJU) di Karanganyar. (dok)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kondisi sejumlah tiang penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah lokasi di Karanganyar rapuh dan bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan. Untungnya, Pemkab Karanganyar sudah mengantisipasinya dengan mengganti tiang-tiang PJU yang rapuh itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar, Sri Suboko, mengatakan ada 26 unit PJU baru dipasang mengganti PJU lama. PJU tersebut berada di di Jl. Lawu, mulai kawasan Rumah Sakit Jati Husada hingga PT Kusuma Hadi Santosa.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ia mengakui sebagian PJU lama di median jalan tersebut sudah rapuh. Bahkan di tempat lain di Karanganyar Kota pernah ada yang roboh dan menimpa kendaraan yang diparkir di dekatnya. Beruntung, tak ada korban jiwa saat peristiwa itu terjadi.

“Ada pemasangan 26 PJU baru di Jl. Lawu di sisi utara sejak Rumah Sakit Jati Husada hingga PT Kusuma Hadi Santosa. Sedangkan PJU lama yang letaknya di median jalan kami usulkan untuk dilakukan penghapusan karena kondisinya sudah keropos sehingga membahayakan pengguna jalan. Malah pernah ada yang roboh,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Dengan penggantian PJU ini diharapkan tiang-tiang lebih kokoh dan aman dari risiko tumbang.

“Penggantian dilakukan secara menyeluruh, mulai dari fondasi, tiang hingga lampu. Sehingga harapan kami ini lebih kuat, lebih bagus, dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya,” imbuhnya.

Saat ini pekerjaan dengan anggaran senilai sekitar Rp373 juta itu masih dilakukan dan diharapkan selesai maksimal November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya