SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji kloter pertama dikumpulkan di Gedung Jeddah Asrama Haji Donohudan, Boyolali, untuk mendapatkan pengarahan, Jumat (3/6/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Seorang calon haji atau calhaj yang berangkat dengan kelompok terbang (kloter) 5 dari Embarkasi Solo kehilangan uang dan barang di dalam kopernya. Kehilangan barang itu diketahui saat calhaj tersebut membuka koper sesampai di Tanah Suci.

Calhaj yang kehilangan barang-barang saat tiba di Tanah Suci dari Asrama Haji Donohudan itu sudah melapor ke ketua kloter. Laporan selanjutnya disampaikan ke kloter di sektor Madinah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudi, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (17/6/2022), mengatakan Embarkasi sudah berkoordinasi terkait kehilangan barang yang dialami calhaj.

“Sekarang masih kami koordinasikan terkait kehilangan yang dialami calhaj, sejauh ini sudah kami laporkan ke ketua kloter di sektor Madinah,” ujarnya.

Mengenai barang-barang yang hilang, Sarip menyebut ada uang tunai, rokok, dan barang-barang lainnya. Koper calhaj itu diduga dibobol. “Yang diambil uang, rokok dan beberapa barang. Ketahuannya setelah calhaj membuka koper di Madinah,” lanjut Sarip.

Baca Juga: 5 Calhaj Embarkasi Solo Berusia 20 Tahun, Dulu Daftar Usia Berapa Ya?

2 Gelombang Pemberangkatan

Sarip mengimbau para calhaj tidak meletakkan uang di koper bagasi, namun diarahkan di dalam tas kabin atau tas kecil. “Kami sudah mengimbau calhaj, uang jangan disimpan di koper bagasi, tetapi diletakkan di tas yang dibawa ke kabin. Berlaku juga untuk power bank di atas 1.000 mAh,” terangnya.

Hingga Jumat (17/6/2022), terdapat total sudah 6.686 calhaj Embarkasi Solo yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Hingga hari akhir pemberangkatan gelombang pertama, Jumat, total ada 7.055 calhaj masuk Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Tahun ini, terdapat dua gelombang pemberangkatan para jemaah calhaj. Gelombang pertama dimulai pada 4 Juni 2022 hingga 18 Juni 2022. Sedangkan gelombang kedua akan dimulai pada 19 Juni 2022 dan berakhir 3 Juli 2022.

Baca Juga: 9 Calhaj Embarkasi Solo Dipulangkan, Ini Penyebabnya

Perbedaan gelombang pertama dan kedua terletak di lokasi kedatangan di Arab Saudi. Gelombang pertama akan tiba di Madinah menuju Mekkah, sedangkan gelombang kedua akan tiba di Makkah menuju Madinah.

Ada 15.305 calhaj yang diberangkatkan dari Embarkasi Haji Solo. Perinciannya, kuota dari Jawa Tengah sebanyak 13.776 calhaj, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1.427 calhaj, ditambah 172 petugas kloter haji. Total ada 39 kloter dari Jawa Tengah dan empat kloter dari DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya