SOLOPOS.COM - Railbus Batara Kresna. (Dok Solopos

Solopos.com, SOLO — Kaca depan Railbus Batara Kresna pecah akibat terkena lemparan batu ketika melintas di jalur kereta api (KA) Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (28/8/2022). Saat ini pelaku sudah diamankan petugas.

Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Franoto Wibowo, mengatakan railbus Batara Kresna melaju dari Stasiun Purwosari menuju tujuan akhir Stasiun Wonogiri. Berdasarkan laporan, pelemparan terjadi ketika Batara Kresna melintasi jalur sebelum Pusat Grosir Solo (PGS) sekitar pukul 10.15 WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Begitu dapat laporan dari masinis, dinas pengamanan  atau unit pengamanan Stasiun Purwosari dan Stasiun Solo Kota langsung ke lokasi. Lalu mengamankan pelakunya. Yang melemparkan orang dengan gangguan jiwa  [ODGJ]” katanya, Minggu sore.

Menurutnya, kaca depan kabin railbus Batara Kresna itu pecah akibat lemparan batu tersebut. Masinis sempat menghentikan laju KA lalu melanjutkan perjalanan ke Stasiun Wonogiri dengan keterlambatan dua menit.

Tidak ada korban luka pada kejadian itu. “Pelakunya sudah diamankan dan  dibawa ke polsek bersama polisi setempat. Kemudian dibawa ke rumah singgah, rumah sakit jiwa,” tuturnya.

Baca Juga: Dolan Solo-Wonogiri Naik Kereta Batara Kresna, Catat Rute dan Tarifnya

Franoto mengatakan kaca kabin yang rusak segera diperbaiki di stasiun. Meskipun pelaku merupakan ODGJ, Franoto mengimbau masyarakat untuk saling mengingatkan jika melihat hal-hal yang mencurigakan supaya tidak mengganggu perjalanan KA.

Respons Gibran

Railbus Batara Kresna memiliki rute perjalanan dari Stasiun Purwosari, Solokota, Sukoharjo, Pasar Nguter, dan Stasiun Wonogiri. Keberangkatan dari Stasiun Purwosari pukul 06.00 WIB dan 10.00 WIB.

Sementara keberangkatan dari Stasiun Wonogiri pukul 08.00 WIB dan 12.00 WIB setiap hari. Total waktu tempuh satu jam 45 menit sekali perjalanan. Harga tiketnya Rp4.000/ orang.

Baca Juga: Asyik! Kemenhub akan Bangun Jalur Lintas KA Solo-Wonogiri

Sementara itu, kejadian pelemparan batu ke arah railbus Batara Kresna hingga kaca depannya pecah di Solo diunggah pengguna akun Twitter @GajahBijaksana, Minggu (28/8/2022) pukul 11.12 WIB. Pengguna akun menyertakan foto Batara Kresna dengan kaca bagian kiri bawah yang retak bekas kena lemparan batu.

Pengguna akun tersebut juga mengunggah foto railbus Batara Kresna masih mulus saat melintas di rel bengkong Purwosari sebelumnya. Unggahan tersebut direspons oleh pengguna akun @Shaggy_Solo yang menyampaikan informasi dari grup WA bahwa pelaku pelemparan itu adalah orang dengan gangguan jiwa dan sudah ditangani.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melalui akun @gibran_tweet merespons unggahan pengguna akun @Shaggy_Solo. “Oalah pak pak,” tulis Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya