SOLOPOS.COM - Petugas menunjukkan surat suara pemilu yang rusak di tempat penyortiran, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023). Berdasarkan hasil penyortiran dan penghitungan jenis logistik surat suara DPR Jateng II, KPU Kabupaten Kudus menemukan sebanyak 4.222 lembar surat suara masuk kategori rusak dengan kondisi robek dan sebanyak 651.694 lembar dengan kondisi baik sementara jumlah kekurangan surat jenis itu mencapai 4.971 lembar. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/aww.

Solopos.com, SOLO—Sebanyak lima Caleg petahana DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) IV Jawa Tengah (Jateng) terancam tumbang.

Dapil itu meliputi Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Wonogiri. Prediksi terancam tumbangnya lima petahana berdasarkan real count KPU hingga Kamis (22/2/2024) sekira pukul 10.30 WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tapi belum 100 persen data suara masuk, baru di angka 75,55 persen. Dari penghitungan perolehan kursi yang dilakukan solopos.com, PDIP hanya mampu mengamankan tiga kursi dari total tujuh kursi di Dapil IV Jateng.

Empat kursi lainnya menjadi milik Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Gerindra. Tiga kursi PDIP menjadi hak Dolfie OFP, Diah Pikatan O Putri Haprani, dan Bambang Wuryanto.

Kursi Golkar kemungkinan jatuh kepada Juliyatmono, kursi PKS diperebutkan antara Hamid Noor Yasin dan Hadi Santoso, kursi Partai Demokrat untuk Rinto Subekti, dan kursi Partai Gerindra untuk Sriyanto Saputro.

Yang menarik perolehan suara sementara antara Hamid Noor dan Hadi Santoso sangat tipis. Masih ada kemungkinan Hadi Santoso menyalip perolehan suara sang petahana. Bila itu terjadi, Hadi yang duduk di parlemen.

Dan Hamid menambah daftar Caleg petahana DPR RI di Dapil IV Jateng yang terancam tumbang. Selain dia ada Caleg petahana PKB, Lulur Nur Hamidah, Caleg Partai Golkar, Endang Maria Astuti, dan dua Caleg PDIP.

Mereka yaitu Paryono dan Agustina Wilujeng Pramestuti. Perolehan suara mereka berturut-turut rangking empat dan lima, di antara Caleg PDIP di dapil itu. Sehingga mereka terancam tidak bisa lolos ke parlemen.

Dibandingkan Pemilu 2019, perolehan kursi PDIP berkurang. Pada Pemilu 2019 PDIP berhasil mengamankan empat kursi DPR Dapil IV Jateng, atas nama Bambang Wuryanto, Agustina Wilujeng, Dolfie dan Paryono.

Saat itu Diah Pikatan, yang notabene putri dari Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, belum menjadi Caleg. Namun berkurangnya kursi DPR PDIP lebih disebabkan semakin kompetititfnya persaingan di Dapil tersebut.

Seperti masuknya mantan Bupati Karanganyar dua periode, Juliyatmono; allout-nya politikus Partai Demokrat, Rinto Subekti, dan perform-nya politikus Partai Gerindra, Sriyanto Saputro. Tapi real count belum usai.

Masih ada kemungkinan perubahan suara hingga 100 persen data suara masuk, dan penetapan oleh KPU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya