SOLOPOS.COM - Dony Tri Pamungkas, pemain Timnas Indonesia U-23. (Instagram/donytripamungkas)

Solopos.com, BOYOLALI — Pertandingan semifinal AFC Asian Cup atau Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam ini, bakal terasa istimewa untuk warga Boyolali.

Dony Tri Pamungkas, salah satu anggota squad Timnas Indonesia U-23 yang akan bertanding malam ini, merupakan pemuda asli Boyolali. Dony tercatat sebagai warga Dukuh Tegalrejo RT 008/RW 002, Desa Gumukrejo, Kecamatan Teras, Boyolali.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Para tetangga Dony di Tegalrejo pun sangat antusias menantikan pertandingan malam nanti. Salah satu tetangga Dony, Mukiyem, 64, mengatakan jelang laga Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan, para tetangga termasuk dirinya bersiap mendukung Dony dan kawan-kawan.

Ia mengatakan bakal menonton pertandingan bersama dengan keluarganya di rumah pada Senin malam. Lebih lanjut, ia mengenal Dony sebagai anak yang sangat menyukai permainan sepak bola sejak kecil. Terlebih, kakak Dony juga merupakan pemain sepak bola profesional.

“Kakaknya, Joko Sasongko, sekarang di Ciamis [PSGC Ciamis], main di sana. Mas Joko anak pertama dan sudah berkeluarga. Anak kedua ada Mas Ari Dwi, sudah berkeluarga juga dan tinggal di Klaten. Nah, Dony itu anak ketiga dari tiga bersaudara,” ujar Mukiyem saat ditemui Solopos.com di rumahnya, Selasa.

Mukiyem menceritakan Dony bersekolah di SDN 1 Gumukrejo, kemudian SMPN 3 Teras, dan melanjutkan SMA di Jakarta. “Dia ke Persija itu kalau tidak salah usia 14 tahun,” kata dia.

Ia berharap nantinya Dony dan rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-23 bisa menang melawan Uzbekistan. Tetangga lain, Widodo, 68, mengingat Dony kecil sering diantar orang tuanya ikut sekolah sepak bola.

Punya Kakak Pemain Bola

Widodo juga menilai Dony adalah anak yang sangat bersemangat dan berbakat dalam dunia sepak bola. Semangat dan kerja keras Dony, tutur Widodo, berbuah manis karena ia bisa masuk skuad Persija Jakarta. “Saya setiap pertandingan [Dony] selalu menonton. Pokoknya sepak bola Indonesia saya selalu menonton,” kata dia, Senin.

Saat Solopos.com menyambangi pada Senin siang, rumah Dony dalam keadaan kosong. Para tetangga menginformasikan ibu Dony tidak berada di rumah, sedangkan sang ayah telah meninggal dunia.

Dari catatan Solopos.com, Dony Tri Pamungkas adalah pemain kelahiran Boyolali pada 11 Januari 2005. Ia juga adik kandung dari Joko Sasongko, penyerang kondang Liga Indonesia yang telah malang melintang di berbagai klub di Indonesia.

Dony yang bertinggi badan 177 cm itu bergabung dengan Persija sejak 1 September 2021. Dia menjadi gelandang serang atau bisa juga bermain sebagai bek sayap.

Pada Oktober 2020, Dony mengikuti seleksi di tim EPA Persija U-16. Berkat performanya yang cemerlang, Dony berhasil diterima di Persija Academy. Tanggal 28 September 2021 menjadi hari bersejarah bagi Dony Tri Pamungkas.

Saat itu merupakan debut Dony bersama tim senior sekaligus menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga 1 yang mulai bergulir pada 2017. Dony menjalani debut bersama Persija di Liga 1 ketika masih berusia 16 tahun 8 bulan 17 hari.

Dia dimainkan oleh Angelo Alessio saat Persija Jakarta berhadapan dengan Persita Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya