SOLOPOS.COM - Ilustrasi memasukkan surat suara ke kotak suara. (Freepik)

Solopos.com, SOLO—Pemilu 2024 diprediksi akan membawa banyak perubahan dalam komposisi DPRD Solo periode 2024-2029.

Berdasarkan penghitungan sementara perolehan suara yang dilakukan partai-partai politik (Parpol) dan real count KPU hingga Selasa (20/2/2024), sejumlah petahana diprediksi tumbang oleh para Caleg pendatang baru.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Informasi yang dihimpun Solopos.com, cukup banyak Caleg pendatang baru yang bakal melenggang ke gedung Dewan. Seperti Rheo Yuliana Fernandez, Kevin Fabiano, Sonny, Ngadiyo, Giyatno, serta Sekar Tandjung.

Selain mereka masih ada beberapa caleg pendatang baru yang diprediksi lolos ke parlemen, seperti Muhammad Bilal, Kevin Candra Sadewa, Baruna Wasita Aji, Misgiman Bambang Cahyono, serta Sagita Puspita Wiranata.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mengakui berhasil menyumbang dua wajah baru di DPRD Solo. Mereka yaitu Siti Mukaromah dari Dapil I Solo, dan Sri Martuti Handayani dari Dapil V Solo meliputi Kecamatan Jebres.

Belum lagi Caleg pendatang baru dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Seperti diketahui, PKS mengklaim mendapatkan sembilan kursi DPRD Solo. Padahal hanya Caleg petahana mereka yang kembali maju di DPRD Solo. Artinya, bila ketiga Caleg tersebut kembali lolos, PKS berhasil memasukkan enam Caleg pendatang baru.

Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, mengatakan di pihaknya ada dua wajah baru yang akan lolos ke parlemen. Tapi dia belum bisa menyebutkan nama dua Caleg baru yang diprediksi lolos ke parlemen.

Tapi dia mengiyakan salah satu Caleg baru Partai Gerindra yang akan berkantor di Karangasem adalah Kevin Candra Sadewa. “Iya, dari Dapil IV Solo meliputi Kelurahan Nusukan dan sekitarnya,” ungkap dia.

Sedangkan Plt Ketua DPD PSI Solo, Sonny, mengatakan lima Caleg yang bakal melenggang ke DPRD Solo, semuanya baru. Sebab Caleg petahana PSI di DPRD Solo, Antonius Yogo Prabowo, maju Caleg DPRD Jateng

Berikut prediksi jumlah Caleg pendatang baru yang bakal lolos ke DPRD Kota Solo, berdasarkan asal partai mereka:

1. PDIP: 7-8 Orang
2. PKS: 8 Orang
3. PSI: 5 Orang
4. Partai Gerindra: 2 Orang
5. Partai Golkar: 1-2 Orang
6. PAN: 1 Orang
7. PKB: 2 Orang
Jumlah: 26-28 Caleg pendatang baru

Sumber: Dihimpun dari berbagai sumber. (kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya