SOLOPOS.COM - Kendaraan masuk ke jalur tol fungsional Solo-Jogja di Desa Sidoharjo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Selasa (25/4/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Jalan tol Solo-Jogja ternyata bakal memiliki empat exit tol di wilayah Klaten. Ada tambahan satu exit toll yang rencananya mengarah ke kawasan lereng Gunung Merapi.

Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) selaku pelaksana jalan tol tersebut, Muhammad Amin, mengatakan exit tol yang bakal ada di Klaten meliputi exit tol Karanganom yang mengarah ke jalan nasional.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kemudian ada exit tol Ngawen, exit tol Prambanan, dengan satu lokasi menuju ke jalan raya Jogja-Solo dan satu lagi di Manisrenggo. “[Exit toll Manisrenggo] mengakomodasi permintaan dari Ngarso Dalem [Sri Sultan Hamengku Buwono X],” kata Amin saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (24/5/2023).

Exit tol Solo-Jogja di wilayah Manisrenggo, Klaten, itu salah satunya untuk mendukung pariwisata di lereng Gunung Merapi. Hanya, pembangunan exit tol di Manisrenggo belum dikerjakan bersamaan dengan proyek pembangunan jalan tol saat ini.

Calon lokasi untuk exit tol menuju kawasan lereng Gunung Merapi berada di Desa Borangan, Kecamatan Manisrenggo. Pekan lalu, sejumlah pemilik lahan terdampak tol di Borangan menerima UGR guna pembebasan lahan.

Kasi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Sulistiyono, mengatakan jumlah total lahan terdampak tol di Borangan ada 132 bidang. Dari jumlah itu, UGR untuk 98 bidang sudah dicairkan. Sisanya menunggu validasi dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

“Borangan ini nantinya menjadi exit tol. Namun, pelaksanaannya belum tahun ini. Mungkin beberapa tahun lagi. Yang penting tanah dibebaskan dulu karena sudah masuk dalam penetapan lokasi,” kata Sulis.

Sebelumnya diberitakan, selain exit toll, di wilayah Klaten nantinya juga ada dua rest area masing-masing di Demakijo, Kecamatan Karangnongko, dan Ngawen, Kecamatan Ngawen.

Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Solo-Jogja di Klaten hingga kini disebut sudah mencapai 90 persen. Sedangkan total uang ganti rugi (UGR) untuk pembebasan lahan tol yang sudah dibayarkan mencapai Rp3,5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya