SOLOPOS.COM - Informasi agenda fashion show lurik di Kecamatan Pedan, Klaten, yang akan digelar pada Jumat (22/12/2023). (Istimewa/Instagram @kecamatan.pedan)

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Kecamatan Pedan, Klaten, bekerja sama dengan sejumlah pihak bakal menggelar Lurik Pedan Fashion Fair yang diramaikan pula dengan fashion show busana kreasi lurik di jalanan Pedan.

Kegiatan itu berlangsung selama satu hari bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, Jumat (22/12/2023). Fashion show digelar mulai pukul 14.00 WIB dengan beberapa kategori peserta.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Camat Pedan, Marjana, mengatakan kegiatan tersebut digelar bekerja sama dengan berbagai pihak seperti BRI, PNM, PNM Mekaar, Pegadaian, serta Lurik Prasojo. Kegiatan itu Lurik Pedan Fashion Fair serta fashion show itu sekaligus untuk meneguhkan eksistensi tenun lurik Pedan, Klaten.

Lurik Klaten sudah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) oleh Kemendikbudristek dan sudah mendapatkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) dari Kemenkumham. Pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-8 tahun 2023, Lurik Klaten menyabet juara I kategori Cenderamata.

“Kegiatan ini baru kali pertama digelar dan dilatarbelakangi bahwa lurik menjadi ikon Pedan. Sehingga kami ingin mengangkat lurik Klaten yang sudah mendapatkan penghargaan di tingkat nasional dan besar harapan kami usaha lurik terus berkembang dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” kata Marjana saat dihubungi Solopos.com, Selasa (19/12/2023).

Marjana mengatakan fashion show digelar pada Jumat mulai pukul 14.00 WIB. Lokasi acara di Jl Ronggowarsito tepatnya di depan Resto Seminyak, Desa Tambakboyo, Pedan.

Pada kegiatan itu, peserta fashion show bakal berjalan mengelilingi ruas jalan di sekitar lokasi di Pedan, Klaten, dan mengenakan desain pakaian berbahan lurik. Para peserta terbagi dalam beberapa kategori yakni keluarga, umum, dan pelajar.

“Sebenarnya dari luar daerah banyak yang ingin mendaftar. Untuk saat ini peserta dikhususkan dari Pedan. Kami berharap kegiatan ini bisa mengangkat UMKM tak terkecuali ikon Pedan,” kata Marjana.

Salah satu panitia acara, Diah Dwi Hastuti, mengatakan Lurik Pedan Fashion Fair hanya digelar satu hari dengan kegiatan utama fashion show yang menampilkan aneka desain fashion lurik. Jumlah total peserta fashion show ada 49 kelompok.

Mereka bakal tampil di jalanan yang disulap menjadi catwalk berkarpet merah. “Ada stan-stan jualan di sana termasuk stan lurik. Tujuan dari kegiatan ini untuk meneguhkan lurik Pedan serta mengangkat perekonomian UMKM lokal. Selain fashion show, ada parade model profesional yang kami ambilkan dari Lurik Prasojo serta parade kades se-Kecamatan Pedan,” kata Diah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya