SOLOPOS.COM - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama teman-temannya berfoto di Umbul Manten, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Rabu (18/1/2023). (Istimewa/dokumentasi Desa Sidowayah)

Solopos.com, KLATEN – Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi), berkunjung ke Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Rabu (18/1/2023). Kegiatan utama Iriana ke Klaten itu sebenarnya untuk menghadiri temu kangen alias reuni dengan alumni SMAN 3 Solo angkatan 83 di Ndalem Sidowayah.

Namun, sebelum ke Ndalem Sidowayah, Iriana bersama teman semasa SMA-nya sekitar 30 orang mengunjungi sejumlah objek wisata di Sidowayah. Mulai dari kebun jambu, kampung dolanan, Umbul Siblarak, hingga Umbul Manten.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Sebenarnya [Ibu Negara] hanya temu kangen dengan alumni SMAN 3 Solo dengan tempat memilih di Ndalem Sidowayah. Oleh karena itu, kami sekalian mengenalkan untuk mampir ke wisata-wisata yang ada di Sidowayah,” kata Kepala Desa Sidowayah, Mujahid Jaryanto, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu.

Mujahid menjelaskan selama mengunjungi sejumlah objek wisata seperti di Kampung Dolanan serta Umbul Manten, Klaten, Ibu Negara Iriana menanyakan soal pengelolaan. Kepada Iriana, Mujahid menjelaskan destinasi wisata itu dikelola desa melalui Badan Usaha Milik (BUM) Desa.

Mujahid juga sempat menjelaskan soal rencana pengembangan Umbul Manten dengan membeli tanah di dekat objek wisata tersebut. Selama 15 menit di Umbul Manten, Iriana sempat bermain air. Iriana terkesan jernihnya air di Umbul Manten.

Selain di Umbul Manten, Iriana terkesan ketika bermain ke Kampung Dolanan Sidowayah. Di tempat itu Ibu Negara bermain bakiak dan tarik tambang bersama anak-anak yang saat itu berkunjung.

Membaur dengan Warga

“Di kampung dolanan ada berbagai permainan tradisional seperti tarik tambang, yoyo, dakon, dan lain-lain. Karena di era digital ini anak-anak banyak bermain gadget, melalui kampung dolanan anak-anak kami ajak bermain mainan tradisional,” kata Mujahid.

Selama kunjungan Ibu Negara Iriana Jokowi itu, Mujahid menjelaskan tak ada penutupan objek wisata di Sidowayah, Klaten. Pengunjung maupun warga berinteraksi langsung dengan Iriana mulai dari foto bersama serta bagi-bagi kaus Jokowi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ibu Negara Iriana Jokowi bersama teman-temannya reuni di kampung dolanan Desa Sidowayah, Klaten. Iriana disambut anak-anak TK/PAUD dan madrasah yang sedang menggelar kegiatan di kampung dolanan.

Iriana bersama teman-temannya sempat bermain bakiak dan tarik tambang. Rombongan Iriana beradu dengan anak-anak yang bermain di tempat itu.

Salah satu guru MIN 2 Klaten, Nur Hidayati, mengatakan ada sekitar 50 anak sekolah tersebut yang ikut menyambut rombongan Ibu Negara di kampung dolanan.

“Tadi Bu Jokowi berpesan agar anak-anak rajin belajar. Tentunya kami dari MIN 2 Klaten senang banget mendapatkan kehormatan menyambut Bu Iriana,” kata Nur Hidayati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya