SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di jalan dekat bundaran patung Sukarno atau utara Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Jumat (6/3/2020) lalu. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Kejuaraan road race atau balap motor jalanan tingkat Jawa Tengah bakal digelar di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu-Minggu (11-12/3/2023). Kejuaraan yang diadakan Casytha Manahadap itu akan melombakan sembilan kelas kejuaraan.

Ketua Pelaksana Casytha Manahadap Road Race 2023, Santo, mengatakan road race di Wonogiri ini merupakan putaran pertama dari lima putaran Casytha Manahadap 2023. Wonogiri menjadi tempat pertama karena dinilai paling siap menyelenggarakan kejuaraan tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Mulai dari pemerintah daerah, kepolisian, dan tempatnya sudah paling siap. Jadi kami putuskan Wonogiri sebagai tempat pertama,” kata Santo kepada Solopos.com, Jumat (3/3/2023).

Alasan lain, kata Santo, antusiasme para pembalap dan penggemar balap motor jalanan di Wonogiri sangat tinggi dibandingkan kabupaten/kota lain. Hal itu dapat dilihat dari penyelenggaraan Casytha Manahadap Road Race 2022 lalu.

Selain itu, warga Wonogiri juga dinilai paling antusias menonton di antara warga kota lain yang menyelenggarakan kejuaraan road race pada 2022 lalu.

“Memang kalau dibandingkan sebelum pandemi Covid-19, penonton turun drastis. Tapi kalau dibandingkan penonton kabupaten/kota lain, Wonogiri paling banyak, kemarin ada sekitar 2.000 orang yang nonton,” ujar dia.

Casytha Manahadap Road Race 2023 seri I di Wonogiri bisa ditonton masyarakat umum dengan membayar tiket masuk seharga Rp30.000/lembar tiket, naik Rp5.000 dibandingkan 2022 lalu.

Kenaikan itu karena hadiah utama kejuaraan balap motor jalanan yang diawali di Wonogiri ini ada satu unit mobil, dua unit sepeda motor, dan uang tunai Rp10 juta.

Rute Start dan Finis

Menurut Santo, banyak talenta pembalap di Wonogiri. Namun mereka justru banyak mengikuti kompetisi di Jawa Timur. Oleh karena itu, kehadiran Casytha Manahadap sebagai upaya memberikan ruang kepada mereka.

Selain Wonogiri, seri Casytha Manahadap Road Race 2023 bakal digelar di Kebumen, Blora, Purbalingga, dan Solo. Masing-masing seri terdapat tujuh kelas lomba, yaitu kelas open point, kejuaraan provinsi, two stroke, pemula, pendukung, vespa, dan lokal.

Juara umum berhadiah mobil merupakan akumulasi nilai dari seluruh seri. Adapun biaya pendaftaran kejuaraan balap ini senilai Rp600.000/kelas.

“Di Wonogiri, sirkuitnya masih sama dengan road race tahun lalu karena kami nilai itu paling safety. Panjang sirkuit sekitar 700 meter,” imbuh Santo.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Haryanto, mengatakan dalam kejuaraan Casytha Manahadap Road Race I 2023 itu Pemkab hanya menjadi fasilitator.

Lokasi trek balap road race berada ruas jalan Alun-alun Giri Krida Bakti dan jalan Ir Soekarno mulai dari perempatan Ponten hingga bundaran Patung Ir Soekarno. Lokasi start dan garis finis berada di ruas jalan alun-alun atau depan Kantor DPRD Wonogiri.

“Kami berharap dengan ajang ini, bisa menumbuhkan bakat-bakat pembalap motor dari Wonogiri sekaligus edukasi bagi masyarakat agar tidak melakukan balapan liar,” kata Haryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya