SOLOPOS.COM - Para pemenang lomba cerpen Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 menerima trofi juara di Griya Solopos, Rabu (8/12/2021). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO — Nadhira Kamalia Athiya Rifai berhasil menjuarai lomba cerpen kategori SMP dalam rangkaian Festival Ayo Membaca atau FAM 2021 yang digelar Solopos Media Group (SMG) di Solo, 16-21 November lalu.

Penyerahan hadiah lomba itu dilakukan di Griya Solopos, Rabu (8/12/2021). Selain Nadhira, ada Fahmi Jalu Maheswara yang menjuarai lomba cerpen FAM kategori SD dan  Zahra Rosaline Putria Cahyo yang menang lomba cerpen kategori SMA,

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepada Solopos.com seusai penyerahan hadiah, Nadhira mengaku membuat cerpen berjudul “Bel Pintu di Kafe Favorit” untuk mengikuti lomba FAM. Cerpen tersebut berkisah tentang misteri penampakan hantu di sebuah kafe yang menjadi tongkrongan kegemaran anak muda.

Nadhira mengakui memang penikmat cerita misteri. Tiap mampir di toko buku, perhatiannya bakal langsung mengarah ke rak yang berisi novel-novel horor. Selain hobi membaca kisah misteri, Dhira, sapaan akrabnya, juga suka menonton film-film hantu.

Baca Juga: PDAM Se-Indonesia Diminta Kurangi Penggunaan Air Tanah, Ini Alasannya

Kegemarannya itu pun mendorongnya membuat sejumlah cerpen soal dunia tak kasatmata. Dhira mengatakan kisah mistis sering menjadi inspirasinya saat membuat tulisan termasuk yang ia ikutkan di lomba cerpen FAM Solopos 2021.

“Cerpen bisa jadi wadah menuangkan segala imajinasi di pikiranku. Kebetulan saya suka film horor dan cerita misteri,” ujar siswa SMP Batik Solo.

Mengasah Kemampuan

Bakat Dhira di bidang tulis menulis tentu tak datang begitu saja. Selain rutin menulis untuk mengasah kemampuan, Dhira berada di lingkungan yang mendukung untuk mengembangkan daya literasinya.

Baca Juga: Ditata Tahun Depan, Gibran: Ngarsopuro Solo Tak akan Tiru Malioboro

Kedua orang tua Dhira juga gemar membaca. Kegemaran yang sama itu membuatnya memiliki kawan diskusi saat menuangkan hobi. “Selain cerpen, saya juga suka nulis puisi,” ujarnya.

Dukungan penuh keluarga juga membuat Fahmi Jalu Maheswara menjuarai lomba cerpen FAM kategori SD. Sehari-hari, dia berlangganan majalah anak. Bacaan tersebut menginspirasinya bikin cerpen berjudul “Petualangan Capung” yang kemudian keluar sebagai juara.

Baca Juga: PLN Solo: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Bakal Terus Ditambah

“Mama terus minta saya rajin membaca dan menulis,” ujar Jalu. Sementara Zahra Rosaline Putria Cahyo, pemenang lomba cerpen kategori SMA, juga merasakan dukungan yang besar dari keluarga.

Saat penyerahan trofi, ia didampingi sang ibunda, Rosdiana. Karya juara Zahra berjudul “Mimpi Kecil Ayna”. “Dia memang suka baca sejak SD. Di rumah ada perpustakaan khusus bacaan dia sendiri. Saya sebagai orangtua hanya bisa mendukung bakat dan minat anak,” ujar Rosdiana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya