SOLOPOS.COM - Pesilat asal Klaten, Khoirudin Mustakim, menyumbang emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 2023 di Kamboja, Rabu (10/5/2023). (Istimewa/IG @konijateng)

Solopos.com, KLATEN — Pesilat asal Klaten, Khoirudin Mustakim, berhasil membawa harum nama Indonesia dengan menyumbangkan medali emas di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Prestasi tersebut menambah daftar panjang prestasi yang diraih pesilat asal Desa Karangpakel, Kecamatan Trucuk, Klaten, itu.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Klaten, M Nasir, membenarkan Mustakim menyumbangkan medali emas. “Tadi pagi final SEA Games dan mendapatkan hasil medali emas mengalahkan pesilat dari Filipina. Pada babak semifinal mengalahkan pesilat dari Kamboja,” kata Nasir saat dihubungi Solopos.com, Rabu (10/5/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Nasir mengatakan prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras Mustakim beserta tim pencak silat Indonesia. Emas SEA Games menambah koleksi medali yang diperoleh Mustakim dari berbagai ajang kejuaraan dari tingkat nasional hingga internasional.

Nasir mengatakan tiap kali pulang dari mengikuti kejuaraan pencak silat, Mustakim tak pernah berhenti latihan. Dia berharap semangat Mustakim yang baru saja menyumbang emas SEA Games bisa menular ke atlet pencak silat atau pesilat lainnya di Klaten.

“Tidak pernah berhenti untuk tidak latihan. Kalau ada waktu longgar dan pulang ke Klaten, dia tetap ikut latihan di Klaten. Harapan kami prestasi Mustakim ini memberikan motivasi dan semangat pesilat lain di Klaten terutama pesilat yang dipersiapkan untuk menghadapi Porprov 2023. Mustakim ikut dalam tim Porprov,” jelas dia.

Pesilat dari perguruan Persinas Asad itu kerap meraih medali pada berbagai kejuaraan yang dia ikuti. Pada ajang the 19th World Pencak Silat Championship 2022 di Malaysia. Sebelumnya, Mustakim menjuarai beberapa kejuaraan dunia pencak silat.

Seperti meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat Junior 2018 di Thailand. Medali perak pada kejuaraan dunia senior 18th World Pencak Silat Championship 2018 di Singapura.

Medali emas Kejuaan Asia pencak silat di India pada 2018. Medali perak SEA Games 2021 di Vietnam. Pada berbagai ajang kejuaraan pencak silat nasional, Mustakim beberapa kali mendulang medali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya