SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi untuk kurban. (Freepik.com)

Solopos.com, BOYOLALI — Pondok Pesantren (Ponpes) Raudlatul Maarif yang beralamat di Dukuh Sendanglo, Desa Temon, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, mendapatkan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Iduladha 2024 ini.

Hal itu diungkapkan Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh Afiany Rifdania. “Nggih [Iya]. [Sapi] Yang dari Karanganyar, tadi pagi sudah saya buatkan rekomendasi masuknya,” ujarnya saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (14/6/2024).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ia menginformasikan sapi kurban untuk Ponpes di Simo itu adalah jenis Simental dengan bobot 835 kilogram. Sapi tersebut didatangkan dari peternak asal Dusun Cabean, Desa Pandeyan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, atas nama Suparno yang dibeli Presiden Jokowi.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Raudlatul Maarif, Agus Maarif, menyampaikan pondoknya telah menjadi langganan tempat Presiden Jokowi memberikan hewan kurban pada Iduladha. Ia mengatakan hal tersebut bisa jadi karena kedekatan pengelola pondok dengan Presiden Jokowi.

“Informasinya bakal datang hari Minggu [16/6/2024]. Niatnya dibagikan di pondok pesantren, untuk penyembelihannya hari Rabu [19/6/2024],” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan Solopos.com, Presiden Jokowi membeli dua ekor sapi untuk kurban dari peternak asal Dusun Cabean, Desa Pandeyan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Suparno.

Pembelian sapi milik Suparno oleh Presiden Jokowi ini merupakan kali kedua. Sesuai rencana, dua ekor sapi tersebut akan diserahkan ke Pondok Pesantren Raudhatul Maarif Boyolali dan Masjid Al Ikhsan Mojosongo, Kota Solo.

Suparno mengatakan dua sapi yang dibeli Presiden Jokowi untuk hewan kurban merupakan jenis Simental dengan berat masing-masing 835 kilogram (kg) dan 817 kg. Dua sapi ini diberi nama Semar dan Abimanyu.

“Alhamdulillah sudah diperiksa sama tim kesehatan hewan dari kepresidenan dan Provinsi Jawa Tengah. Dua ekor sapi untuk hewan kurban Presiden Jokowi dalam kondisi sehat,” kata Suparno, Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya