SOLOPOS.COM - Kreasi layang-layang dalam Gelaran Festival Layang-layang Sukoharjo 2023 yang digelar di Kampung Pondok, Kelurahan Bulakrejo, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo, Minggu (1/10/2023) siang. (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Seratusan layang-layang dari Soloraya dan beberapa daerah ramaikan Festival Layang-layang Sukoharjo 2023 di Bulakrejo, Sukoharjo, Minggu (1/10/2023) siang.

Layang-layang berbagai jenis mulai dari pegon, bapangan, ramraman, train naga bahkan burung phoenix dari sekitar 100-an peserta festival mengudara di Kampung Pondok, Kelurahan Bulakrejo, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua Panitia Festival Layang-layang Sukoharjo Aditya Muhammad Yusuf Effendi mengatakan festival tersebut menampilkan tiga jenis kategori layang-layang.

Ketiga kategori tersebut yaitu train naga; tradisional yang terbagi menjadi beberapa yakni Bapangan, Pegon, Balompet, dan Ramraman; serta kategori kreasi bebas.

Sementara peserta berasal dari wilayah Soloraya, Jepara, Semarang, Tulungagung dan DIY. Aditya mengaku menggaet para peserta tersebut dengan memanfaatkan publikasi melalui sosial media.

“Target sekitar 100 layang-layang, alhamdulilah hari ini bisa lebih dari ekspektasi sebelumnya. Kami pikir hanya akan diikuti peserta lokal ternyata antusias pelayang dari luar daerah banyak,” ungkap Aditya saat dijumpai di lokasi festival, Minggu.

Festival Layang-layang tersebut menjadi kali kedua di Sukoharjo setelah sebelumnya sempat digelar perdana pada 2022 lalu.

Aditya mengaku ingin mengadakan kegiatan tersebut untuk mengajak rekan-rekan karangtarunanya aktif bersosialisasi dengan masyarakat lain. Sekaligus untuk  meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri para pemuda setempat.

Lebih dari itu, Festival Layang-layang 2023 juga untuk mewadahi anak-anak pecinta layang-layang untuk meningkatkan kreativitas mereka.

Pada Minggu pagi juga telah diadakan pembuatan layang-layang di lokasi setempat. Sehingga diharapkan generasi muda tidak hanya menyukai permainan digital tetapi juga menyukai permainan tradisional.

Lebih lanjut, Festival Layang-layang 2023 tersebut menurutnya sudah dipersiapkan selama dua bulan terskhir. Festival tersebut juga diramaikan dengan gelaran UMKM hingga penjaja kuliner.

Bahkan beberapa panitia juga telah berupaya mempelajari festival layang-layang di daerah lain untuk diterapkan di Sukoharjo.

Dalam festival tersebut masing-masing peserta mendaftar dengan biaya registrasi senilai Rp20.000/orang untuk kategori tradisional dan kreasi bebas. Sementara untuk layang-layang train naga sebesar Rp25.000/orang.

“Kami tidak bisa menyebut nominal hadiahnya. Tetapi total hadiahnya sekitar Rp5 juta. Kami berupaya untuk tidak ingin mengecewakan teman-teman yang sudah jauh-jauh datang ke sini,” paparnya.

Ia berharap kegiatan serupa akan terus berlanjut sehingga pelayang dari Sukoharjo dapat maju ke event-event yang lebih besar, seperti festival layang-layang tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu sejumlah peserta lain nampak antusias mengikuti festival tersebut meski terik matahari cukup menyengat dengan suhu 36° celcius.

Tak hanya para bocah sebagian besar peserta juga dimeriahkan oleh sejumlah pemuda hingga orang tua. Nampak layang-layang dengan berbagai kreativitasnya menghiasi lapangan desa tersebut.

Namun, sayangnya tak semua layang-layang mulus saat terbang. Beberapa layang-layang harus terputus lantaran angin di lokasi setempat cukup kencang.

Tak sedikit pula kerangka layang-layang yang sobek karena tak mampu menahan tekanan angin yang membawanya terbang.

Proses penerbangan layang-layang tersebut juga tak semudah kelihatannya lantaran sang joki harus mampu menaklukan angin dan mengendalikan layang-layangnya agar tak bertabrakan dengan layang-layang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya