SOLOPOS.COM - Ribuan mahasiswa baru UNS Solo mewarnai batik pada kain terpanjang yang memecahkan rekor Muri di kampus setempat, Minggu (21/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Mewarnai kain batik sepanjang 3.300 meter menjadi catatan rekor ke-13 Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Acara itu melibatkan lebih dari 7.000 mahasiswa baru angkatan 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan di kampus UNS Kentingan pada Minggu (21/8/2022) sekaligus menumbangkan rekor sebelumnya untuk mewarnai kain batik terpanjang yang dipegang Pemprov DIY pada 2014.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Perwakilan Muri, Sri Widayati, menjelaskan sebelumnya UNS telah tercatat memiliki 12 rekor di Muri. “Beberapa catatan karsa dan karyanya selalu mengangkat budaya kearifan lokal, ini luar biasa,” katanya saat menyampaikan sambutan pada acara tersebut.

Sri mengatakan sejumlah catatan rekor UNS Solo di Muri antara lain menggelar pantas tembang macapat terlama 50 jam nonstop pada 2010. Kemudian pembuatan peta NKRI dengan media batik terbesar pada Maret 2013.

Selanjutnya penulisan aksara Jawa terpanjang pada 2017 dan pergelaran wayang kulit dengan kelir terpanjang 63,5 meter. Prestasi terbaru merupakan Pemrakarsa dan Penyelenggara Mewarnai Batik pada Kain Terpanjang 3.300 meter oleh Mahasiswa Baru 7.255 Peserta.

Baca Juga: Warnai 3.300 Meter Kain Batik, UNS Solo Tumbangkan Rekor Pemprov DIY

Sri menjelaskan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta pernah mencatat rekor kegiatan serupa dengan panjang 3.000 meter pada 2 Oktober 2014. Dengan catatan itu, UNS telah berhasil menumbangkan rekor sebelumnya.

Program Pengenalan Kampus

“Tentunya Muri sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh UNS terutama oleh adik-adik mahasiswa baru. Semua luar biasa karena langsung berperan menorehkan prestasi yang akan terukir dalam catatan sejarah di Muri,” katanya.

Secara keseluruhan, rekor UNS itu menjadi rekor ke-10.506 yang dicatat Muri sejauh ini. Muri langsung menyerahkan piagam kepada UNS seusai dinyatakan berhasil menjadi Pemrakarsa dan Penyelenggara Mewarnai Batik pada Kain Terpanjang.

Baca Juga: Mahasiswa Baru UNS Solo Pecahkan Rekor MURI Warnai Kain Batik Kawung Terpanjang

Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho, menjelaskan kegiatan mewarnai kain batik sepanjang 3.300 meter itu sekaligus menutup rangkaian Program Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) yang berakhir Minggu pagi.

“Kami berharap ini termasuk bagian dari pelestarian budaya karena Solo sebagai kota batik, Solo sebagai destinasi wisata yang mengandalkan industri batik di Laweyan, Kauman, dan sebagainya termasuk Pasar Klewer. Kami inisiasi acara melukis ini,” katanya kepada wartawan di akhir acara.

Menurutnya, UNS belum genap 50 tahun namun sudah memiliki segudang prestasi bertaraf nasional maupun internasional. UNS yakin adanya sekitar 10.000 mahasiswa baru bakal menambah prestasi UNS ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya