SOLOPOS.COM - Ayam goreng Mbah Karto Sukoharjo. (IG/@ayamgorengmbahkarto_sukoharjo).

Solopos.com, SOLO — Berburu kuliner menjadi kegiatan yang wajib dilakukan saat mudik ke kampung halaman. Bagi Anda yang mudik ke kawasan Solo dan sekitarnya atau Soloraya, berikut referensi destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi.

Soto Ayam Gading

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Warung ini merupakan langganan Presiden Jokowi. Jangan lupakan pesan teh Nasgitel-panas, legi (manis), kental-nya dan seruput pelan-pelan, sambil dirasakan rasa sepet-nya di ujung tenggorokan. Warung ini beralamat di Jl. Gading Kidul, sekitar Alun-alun Selatan Kota Solo.

Timlo Sastro

Makanan khas asli Solo yg menyajikan sosis goreng, telor ayam kecap dan jeroan ati ampela ayam yang lezat. Alamat warung ini ada di Jl. Kapten Mulyadi, belakang Pasar Gedhe, Solo.

Sate kambing Hj. Bejo

Warung sate satu ini sangat terkenal dengan Sate Buntelnya. Ini juga langganan Presiden Jokowi, jauh sejak beliau menjabat Walikota Solo. Traveler boleh mampir ke Jl. Lojiwetan, Solo.

Gudeg Ceker Mba Yus

Bila mampir ke seini, selain ceker ayamnya, tahu gorengnya juga sangat maknyus. Lokasinya ada di Seberang Keraton Mangkunegaran, Solo.

Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi liwet juga merupakan sajian kuliner khas dari Solo. Satu tempat yang direkomedasikan adalah warung milik Bu Sarmi ini. Alamatnya berada di sekitar Jl. Lojiwetan, Solo.

Nasi Pecel Grogol

Warung pecel satu ini punya sajian sop matahari khas Solo yang akan membangkitkan nostalgia masa lalu bagi para penikmatnya. Traveler bisa mampir ke alamat di sekitar Jl. Grogol, Solo.

Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel

Makanan satu ini bisa disebut sebagai salah satu dari makanan khas Sukoharjo. Makanan tersebut yakni ayam kampung goreng Mbah Karto Tembel. Lokasinya berada di Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto Nomor 8, Gabusan, Jombor, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo.

Wisata kuliner ayam kampung goreng Mbah Karto Tembel buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pukul 20.00 WIB.

Menurut local guide di Google Maps, sepotong ayam goreng Mbah Karto Tembel dibanderol Rp18.000 dan satu ekor ayam utuh Rp80.000 dengan nasi putih Rp5.000.

Salah satu makanan khas Sukoharjo yang satu ini menjadi kuliner Solo yang menjadi favorit Presiden Joko Widodo dan keluarga. Kuliner Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel selalu didatangi Presiden Joko Widodo jika pulang kangen Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya