SOLOPOS.COM - Camilan khas Mangkunegaran Solo berupa apam dan stik keju dapur istana di Pura Mangkunegaran, Selasa (29/11/2022). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO – Pura Mangkunegaran Solo memiliki beragam makanan khas dengan rasa yang tak kalah nikmat dibanding makanan yang diolah restoran atau warung makan pada umumnya. Beragam menu makanan itu kerap disajikan kepada para tamu yang mengunjungi Pura Mangkunegaran.

Mereka bisa mencicipi kuliner khas Mangkunegaran saat sarapan atau Royal Dinner di kompleks Pura Mangkunegaran. Jamuan ala kerajaan Jawa itu menjadi salah satu paket wisata menarik untuk pengunjung. Mereka bisa menyaksikan pertunjukan tari khas Mangkunegaran Solo seperti Gambyong Pareanom yang kerap ditampilkan untuk menyambut para tamu atau wisatawan yang mengunjungi Mangkunegaran Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Saat tamu atau wisatawan tiba di Pura Mangkunegaran, mereka bakal disuguhi teh putih silver needle yang merupakan teh kuno di Kemuning, Karanganyar. Saat ini, teh itu dihadirkan kembali dan diolah menggunakan rempah. Cita rasa rempah bakal menghangatkan badan saat turun hujan lebat.

Menu makanan ringan yang akrab di lidah masyarakat Kota Bengawan adalah apam Mangkunegaran. Sajian apam, kolak dan ketan khas Mangkunegaran biasa disajikan saat libur Lebaran. Bentuk apam Mangkunegaran lebih kecil dibanding apam yang dijual di pasaran.

Ada pula stik keju dapur istana yang merupakan jajanan gurih yang cocok sebagai camilan. Terbuat dari mentega dicampur keju scarmoza yang difermentasi selama 200 hari untuk mendapatkan keju tua. Tak diragukan lagi, rasa pekat dan dalam serta mempunyai aroma yang khas.

Baca Juga: Intip Sajian Makanan di Pernikahan Kaesang-Erina, Ada yang Modern dan Kekinian!

Kemudian, ada urap pitik linting yang lebih nikmat dicicipi saat pagi hari atau siang hari. Makanan tradisional ini terbuat dari ayam yang digulung melalui proses selama delapan jam yang dicampur dengan kecap asin lokal. Kemudian, disajikan dengan urap-urap.

Sajinan makanan tradisional lainnya gudeg jangkep. Terbuat dari nangka muda yang dicampur dengan daun singkong dimasak dengan santan.

Proses masak dilakukan selama 12 jam agar bumbu dapat meresap secara maksimal. Gudeg disajikan dengan sambal goreng krecek, ayam suwir, telor pindang atau telur yang direbus dengan daum jambu, garam, dan bawang merah.

Baca Juga: 530 Polisi Klaten bakal Amankan Jalan Solo-Jogja saat Pernikahan Kaesang-Erina

Hidangan utama lainnya adalah dendeng age yang merupakan daging yang dipotong tebal kemudian diolah menggunakan bumbu-bumbu rempah. Potongan daging lantas digantung untuk mengurangi kadar air. Disajikan dengan umbi goreng, santan, dan taburan gremolata atau saus hijau yang terbuat dari peterseli cincang, kulit lemon, dan bawang putih.

Seorang abdi dalem Pura Mangkunegaran Divisi Pariwisata, Aji Dharma Sakti, mengatakan kuliner khas Mangkunegaran diolah oleh para abdi dalem wanita. Mereka memiliki keahlian khusus dalam mengolah makanan dan minuman.

“Rata-rata para abdi dalem wanita berumur tua. Jadi mereka sudah kulina membuat kue apam atau memasak hidangan utama seperti gudeg jangkep,” ujar dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (29/11/2022).



Baca Juga: Ibu Negara Iriana Test Food Kuliner Pernikahan Kaesang-Erina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel
author
Rohmah Ermawati Sabtu, 4 Mei 2024 - 10:31 WIB
share
SOLOPOS.COM - Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto mengumumkan perluasan kerja sama remitansi antara BRI dengan perusahaan Penyelenggara Transfer Dana (PTD) di Korea Selatan yaitu E9pay Company Limited (E9pay Co., Ltd.). (Istimewa/BRI)

Solopos.com, JAKARTA–BRI mengumumkan perluasan kerja sama remitansi dengan perusahaan Penyelenggara Transfer Dana (PTD) ternama di Korea Selatan yaitu E9pay Company Limited (E9pay Co., Ltd.).

Kerja sama yang telah dimulai sejak tahun 2017 ini ke depan akan semakin diperluas, di mana Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Korea Selatan akan mendapatkan akses yang lebih lengkap atas seluruh layanan keuangan yang ditawarkan oleh BRI melalui jaringan E9pay.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto menyatakan BRI berkomitmen untuk memberikan layanan unggul bagi nasabah, baik yang berada di Indonesia maupun yang berada di negara lain.

“Kerja sama dengan E9pay ini akan memperluas akses para PMI untuk mendapatkan layanan finansial terbaik, mulai dari persiapan pemberangkatan, hingga ketika sudah menjalankan aktivitasnya di Korea Selatan,” ungkapnya saat menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) BRI dan E9pay di Jakarta, Selasa (30/4/2024), seperti dikutip dari keterangan resmi.

Koran Solopos

“Ini merupakan salah satu langkah strategis BRI untuk menciptakan inklusi keuangan yang bermanfaat bagi seluruh nasabah BRI,” tambahnya.  Turut hadir dalam acara tersebut SEVP Treasury & Global Service BRI Achmad Royadi.

Agus menambahkan BRI juga telah memberikan kemudahan layanan transfer uang dari Korea Selatan ke Indonesia lewat integrasi platform unggulan BRI yaitu BRIfast Remittance dengan jaringan E9pay.

“PMI di Korea Selatan pun telah cukup familiar dalam menggunakan aplikasi digital E9pay yang dapat diakses dengan mudah dari handphone PMI dan digunakan untuk melakukan transfer dana ke seluruh unit kerja BRI yang tersebar di seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Emagazine Solopos

Berdasarkan data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), di tahun 2023 terdapat sebanyak 12.580 PMI yang ditempatkan di wilayah koridor Korea Selatan. Angka ini tumbuh sebesar 10,4% dari jumlah PMI yang ditempatkan pada tahun 2022 dengan jumlah PMI sebanyak 11.269 orang.

BP2MI memperkirakan angka penempatan PMI ke Korea Selatan dalam beberapa tahun ke depan akan terus meningkat. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena Korea Selatan saat ini mengalami aging population, yang mengakibatkan kurangnya tenaga kerja muda untuk menggerakkan perekonomian.

Kondisi tersebut dilihat sebagai peluang bagi Indonesia dengan menempatkan banyak Pekerja Migran Indonesia ke negara tujuan Korea Selatan.

Interaktif Solopos

Di lain pihak, CEO E9pay Joen Hyeok Gu mengatakan BRI merupakan salah satu partner strategis yang dimiliki E9pay di Indonesia sehingga kerja sama yang telah berjalan selama ini perlu ditingkatkan guna memberikan financial experience yang lebih baik kepada PMI.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan layanan finansial bagi konsumen khususnya warga negara Indonesia yang bekerja di Korea Selatan,” ungkapnya.

Melalui perluasan kerja sama dengan BRI ini, pihaknya berharap agar para PMI dapat memiliki akses untuk mendapatkan layanan finansial yang menyeluruh dan tidak terbatas hanya pada layanan transfer uang ke Indonesia. “Kami berharap perluasan kerjasama ini dapat berjalan dengan sukses,” jelasnya.



E9pay (E9pay Company Limited) merupakan PTD yang melaksanakan transaksi cross-border payment berbasis aplikasi dengan user baik individual maupun bisnis yang tergabung dalam jaringan Korean Financial Telecommunications & Clearings yaitu institusi settlement pembayaran yang mengatur tentang jaringan pembayaran antarbank di Korea Selatan.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2007 dan berkantor pusat di Seoul, Korea Selatan, ini menjalankan aktivitas bisnis utamanya yang mencakup bisnis outbound remittance, inbound remittance dan airline ticketing dengan jaringan kerja luas yang menjangkau lebih dari 22 negara di dunia.

Dengan cakupan yang luas, E9pay merupakan perusahaan fintech pertama di Korea Selatan yang mendapatkan Overseas Remittance Business License dari Kementerian Ekonomi & Keuangan (MOEF) Korea Selatan yang memfasilitasi transaksi layanan remitansi antar negara oleh P2P, B2C, C2B, B2B dari dan ke lebih dari 126 negara via aplikasi telepon seluler dan platform situs web.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Doa saat Cuaca Panas, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Doa saat Cuaca Panas, Lengkap dengan Latin dan Artinya
author
Nugroho Meidinata Sabtu, 4 Mei 2024 - 10:07 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca panas. (freepik)

Solopos.com, SOLO – Indonesia belakangan ini sedang mengalami cuaca panas dan sebagai umat Islam yang taat bisa membaca doa ketika menghadapi hal tersebut.

Heatwave atau gelombang panas saat ini menyerang kawasan Asia Selatan, Asia Tengah, dan sebagian Asia Tenggara. Namun, Indonesia tidak terdampak dari fenomena alam tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Akan tetapi, merujuk pada data rekapitulasi meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu sebagian besar wilayah Indonesia dalam beberapa hari terakhir meningkat lima derajat di atas suhu rata-rata maksimum harian.

Kondisi itu pun disebut sudah bertahan sekitar lebih dari lima hari. Peningkatan suhu tersebut teramati melanda mulai dari Jayapura, Papua (35,6 derajat Celcius), Surabaya, Jawa Timur (35,4 derajat Celcius), Palangkaraya, Kalimantan Tengah (35,3 derajat Celcius), Pekanbaru-Melawi, Kalimantan Barat-Sabang, Aceh dan DKI Jakarta (34,4 derajat Celcius).

Koran Solopos

Nah, saat menghadapi cuaca panas itu, sebagai umat muslim sudah seharusnya untuk memohon atau berdoa kepada Allah agar teriknya sinar Matahari tidak menimbulkan bahaya bagi umat manusia. Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), ada sejumlah doa yang dibaca Rasulullah SAW ketika menghadapi cuaca panas saat Matahari terik. Berikut ini bunyi doanya.

Doa Cuaca Panas

Alhamdulillaahi rabbil aalamiin. Arrahmaanir rahiim. Maaliki yaumid diin. Laa ilaaha illallaahu yaf‘alu maa yuriid. Allahumma antallaahu. Laa ilaaha illaa anta. Antal ghaniyyu wa nahnul fuqara`. Anzil ‘alainal ghaitsa waj‘al maa anzalta ‘alainaa quwwatan wa balaghan ilaa hiin.

Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam, Maha Pemurah, Maha Penyayang. Yang menguasai hari Pembalasan. Tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Allah. Dia melakukan apa saja yang dikehendaki. Ya Allah, Kau adalah Allah. Tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Engkau. Kau Maha Kaya. Sementara kami membutuhkan-Mu. Maka turunkanlah hujan kepada kami. Jadikanlah apa yang telah Kauturunkan sebagai kekuatan dan bekal bagi kami sampai hari yang ditetapkan (HR Abu Dawud).

Emagazine Solopos

Doa kedua yang dibaca ketika cuaca panas saat Matahari terik di siang hari agar tidak terjadi kekeringan adalah sebagai berikut.

Allaahumma agitsnaa, allaahumma agitsnaa.

Artinya: Ya Allah, tolonglah kami. Ya Allah, tolonglah kami (HR Muttafaq Alaih).

Interaktif Solopos

Kemudian, doa ketiga yang dibaca Rasulullah SAW adalah sebagai berikut.

Allaahumma jallilnaa sahaaban, katsiifan, qashiifan, daluuqan, dhahuuqan, thumthirunaa minhu radzaadzan, qith-qithan, sajlan, yaa dzal jalaali wal ikraam.

Artinya: Ya Allah ratakanlah hujan di bumi kami, tebalkanlah gumpalan awannya, yang petirnya menggelegar, dahsyat, dan mengkilat; sebuah awan darinya Kauhujani kami dengan tetesan deras hujan yang kecil, rintik-rintik, yang menyirami bumi secara merata, wahai Dzat yang Maha Agung lagi Maha Mulia (HR Abu Awanah).



Selain doa, ada juga bacaan istigfar ketika menghadapi cuaca panas saat Matahari terik di siang hari.

Astaghfirullahal azhim, la ilaha illa huwal hayyul qayyum, wa atubu ilaihi.

Artinya: Aku meminta ampun kepada Allah yang Maha Agung. Tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup dan Maha Tegak. Aku bertobat kepada-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Krisis Dasar Pendidikan

Krisis Dasar Pendidikan
author
Redaksi , 
Ichwan Prasetyo Sabtu, 4 Mei 2024 - 09:55 WIB
share
SOLOPOS.COM - Siswa memperagakan busana adat saat mengikuti fashion show di halaman SDN Bromantakan Solo, Kamis (2/4/2024), untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Jadikan setiap tempat sebagai sekolah, jadikan setiap orang sebagai guru. Demikian salah satu pesan Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara ketika menguraikan konsep pendidikan nasional Indonesia.

Pesan itu mengandung makna bahwa setiap anak, setiap siswa, setiap generasi muda harus belajar di mana saja dan dari siapa saja. Pendidikan dan pembelajaran bukan hanya urusan formal bertemunya guru dan peserta didik di kelas, di sekolahan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dasar pendidikan yang diajarkan Ki Hajar Dewantara adalah pendidikan karakter, pendidikan budi pekerti. Pendidikan adalah upaya untuk memajukan bertumbuhnya kekuatan batin dan karakter, pikiran, serta tubuh anak.

Pesan Ki Hajar Dewantara itu harus diingat lagi, diaktualkan lagi, dalam refleksi memaknai perkembangan pendidikan di Indonesia akhir-akhir ini. Tanpa mengingat dan mengaktualkan, peringatan Hari Pendidikan Nasional tiap 2 Mei—yang baru saja berlalu—hanya berhenti menjadi rutinitas dan formalitas.

Koran Solopos

Mengingat pesan dan konsep pendidikan yang dikemukakan Ki Hajar Dewantara relevan dengan kondisi pendidikan kita hari ini yang sebenarnya berada dalam krisis. Pendidikan kita krisis karakter dan krisis budi pekerti.

Hari-hari ini, ketika mengingat bahwa setiap tempat sebagai sekolah dan setiap orang sebagai guru, realitas menunjukkan justru banyak tempat dan banyak orang yang berpotensi merusak karakter dan budi pekerti.

Pendidikan karakter, pendidikan budi pekerja, ala Ki Hajar Dewantara mengutamakam tiga pantangan. Pertama, pantang menyalahgunakan wewenang. Kedua, pantang melanggar tertib keuangan. Ketika, pantang melanggar kesusilaan.

Emagazine Solopos

Pada hari-hari ini ketiga pantangan dalam pendidikan budi pekerja atau pendidikan karakter itu diabaikan dengan semena-mena. Anak-anak, remaja, dan kaum muda hari-hari ini dengan sangat mudah menemukan realitas bahwa ada ”kesuksesan” yang justru berpangkal pada penyalahgunaan wewenang, melanggar tertib keuangan (korupsi), dan melanggar kesusilaan.

Contoh-contoh perilaku dan tindakan yang bertentangan dengan pendidikan budi pekerti itu dipertontonkan oleh penguasa, figur publik, dan orang-orang yang berpengaruh. Perilaku dan tindakan demikian juga mudah ditemui di lingkungan pendidikan.

Tiga dosa besar pendidikan, yaitu kekerasan seksual, perundungan/tindak kekerasan, dan intoleransi sampai hari ini belum teratasi. Basis tiga dosa besar pendidikan itu adalah kegagalan pengajaran nasional untuk mendidik manusia Indonesia yang berpekerti luhur, beretika, dan bermoralitas tinggi.

Interaktif Solopos

Dari atas dan dari bawah menunjukkan gejala yang sama: ketidakjujuran, ketidakbenaran, ketidakadilan diwajarkan, dinormalkan. Ketika ”pertunjukan besar” sehari-hari berbasis demikian, jelas sangat berat mewujudkan konsep pendidikan nasional untuk mendidik manusia Indonesia yang berpekerti luhur.

Inikah krisis dasar pendidikan kita hari-hari ini. Krisis ini jelas tidak bisa diselesaikan hanya di lingkungan sekolah, lingkungan pendidikan formal. Krisis ini harus diselesaikan secara simultan yang melibatkan tripusat pendidikan: sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Negara, para penguasa, para pejabat, para politikus, para figur publik, orang-orang yang berpengaruh harus sadar diri bahwa mereka bagian dari tripusat pendidikan. Seharusnya mereka, dengan daya besar yang dimiliki, turut serta memajukan pendidikan nasional, bukan malah menghancurkan lewat perilaku niretika, perilaku tak berbudi pekerti luhur.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories