SOLOPOS.COM - Candi Sewu (Istimewa/Instagram @novemlawalata)

Solopos.com, KLATEN — Meski berada di lokasi yang berdekatan, Candi Prambanan dan Candi Sewu ternyata memiliki sejumlah perbedaan signifikan. Bagi Anda pencinta candi, wajib mengetahui secara detail beda Candi Sewu dan Candi Prambanan.

Berikut ini di antara beda Candi Sewu dan Candi Prambanan yang wajib diketahui para wisatawan:

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

1. Lokasi

Lokasi Candi Sewu berada di kompleks Candi Prambanan. Meski seperti itu, kedua candi berada di daerah administrasi yang berbeda.

Dikutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id pada Selasa (3/10/2023), Candi Sewu terletak di Jalan Raya Solo KM. 16 Klurakbaru, Tlogo, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Candi Sewu berada 800 meter di utara Candi Prambanan.

Berdasrkan informasi dari wikipedia, kompleks percandian Prambanan secara keseluruhan terletak di DIY. Tetapi pintu administrasinya terletak di Jawa Tengah.

Hal tersebut yang membuat Candi Prambanan terletak di dua tempat, yakni di Desa Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY dan di Tlogo, Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

2. Tahun Berdiri

Dikutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, Candi Sewu didirikan pada abad ke-8 atau pada masa Dinasti Syailendra. Pembangunan Candi Sewu dimulai oleh Rakai Panangkaran dari kerajaan Mataram Kuno yang kemudian dilanjutkan Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya.

Rakai Pikatan menikah dengan salah satu puteri dari Dinasti Syailendra. Candi Sewu kemudian diselesaikan pada masa Dinasti Sanjaya.

Tahun berdiri Candi Sewu itu beda dengan Candi Prambanan. Dikutip dari borobudurpark.com, Candi Prambanan dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yaitu Raja Balitung Maha Sambu.

Dugaan tersebut didasarkan pada isi Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar Prambanan dan saat ini tersimpan di Museum Nasional Jakarta. Prasasti berangka tahun 778 Saka (856 M) ini ditulis pada masa pemerintahan Rakai Pikatan.

3. Latar Belakang Agama

Dikutip dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, Candi Prambanan merupakan candi yang berlatar agama hindu. Bahkan Candi Prambanan juga dikenal masyarakat luas sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia. Sedangkan Candi Sewu merupakan candi yang berlatar agama Buddha.

4. Bangunan

Masih dikutip dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, bangunan Candi Sewu dan Candi Prambanan juga beda. Candi Prambanan lebih tinggi meruncing sedang Candi Sewu cenderung melebar.

Demikian tadi di antara perbedaan antara Candi Sewu dan Candi Prambanan yang wajib diketahui para wisatawan. Terlebih bagi Anda pencinta bangunan candi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya