SOLOPOS.COM - Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI A. Gustaf Brugman melantik dan mengambil sumpah 176 perwira baru lulusan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) TNI AU Angkatan ke-27 tahun 2022 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Karanganyar pada Senin (19/12/2022). (Istimew/Lanud Adi Soemarmo)

Solopos.com, KARANGANYAR — Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI A. Gustaf Brugman melantik dan mengambil sumpah 176 perwira baru lulusan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) TNI AU Angkatan ke-27 tahun 2022.

Upacara pelantikan dan penyumpahan digelar di lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Karanganyar pada Senin (19/12/2022). Pendidikan Setukpa TNI AU Angkatan ke-27 diikuti 176 siswa yang terdiri dari 150 siswa pria dan 26 siswa Wanita Angkatan Udara (Wara) dengan menempuh pendidikan selama lima bulan, di Kesatrian Setukpa. Letda Kal Windar Wibowo asal satuan Denma Mabesau terpilih sebagai lulusan terbaik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hadir pada upacara tersebut Wakil Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Thres Gustaf Brugman, Komandan Kodiklatau Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi, Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan II Kodiklatau, Dewi Tedi Rizalihadi, para pejabat Mabesau, para pejabat Kodiklatau, Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Agus Setiawan, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/G II Lanud Adi Soemarmo Ny Agus Setiawan dan pejabat Forkopimda Solo.

Wakasau selaku inspektur upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Ia mengucapkan selamat dan menyampaikan rasa bangga kepada 176 perwira lulusan Setukpa TNI AU angkatan ke-27.

Baca Juga: Aksi Water Trappen Ribuan Prajurit Meriahkan HUT ke 77 TNI, Pecahkan Rekor Muri

“Hari ini merupakan sebuah pencapaian baru dalam perjalanan karier kalian, sebagai prajurit yang dilahirkan kembali menjadi Perwira,” katanya.

Lebih lanjut, Kasau menyampaikan dengan integritas dan usia pengabdian yang matang para perwira baru harus memiliki mindset kinerja yang berkualitas, mampu tampil ke depan. Hal ini didukung dengan berbekal segudang pengalaman yang telah dilalui sebelumnya.

Masih dalam amanatnya, Kasau mengatakan mengacu rencana strategis ke depan, TNI AU akan terus melaksanakan modernisasi dengan memperkuat alutsista generasi terbaru. Mulai dari pesawat tempur, pesawat angkut, pesawat nirawak, radar dan sistem lainnya.

Akuisisi platform modern ini pastinya membutuhkan dukungan perwira yang kapabel dan mumpuni. Khususnya, Kasau berharap Perwira baru saja dilantik ini bisa menghadapi tantangan masa depan.

Baca Juga: Alutsista Diperbarui, TNI AU Butuh Perwira Ahli Teknis

Seusai upacara dilanjutnya atraksi dari perwira yang baru dilantik di antaranya tari-tarian tradisional, demo kolone pedang dan demo pertempuran jarak dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya