SOLOPOS.COM - Dua anak-anak bermain dan menikmati suasana di Taman Pintu Air Demangan baru, Kampung Sewu, Jebres, Solo, Rabu (28/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Taman dan perkuatan lereng (revetment) di Pintu Air Demangan baru di Kelurahan Sewu, Jebres, Solo, direncanakan selesai akhir tahun ini dan dibuka Januari 2023. Revetment ini nantinya akan membentang dari Pintu Air Demangan baru ke Pintu Air Demangan lama.

Selain itu, ada penggantian dari beberapa bagian dari ornamen pagar dan Tugu Apem Sewu di sekitar Pintu Air Demangan baru lantaran hilang dicuri. Namun, penggantian tersebut bersifat minor dan bisa dikerjakan dengan cepat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai Pantai 3 Bengawan Solo, Isnaeni M Hartanto, menjelaskan target pengerjaan Pintu Air Demangan baru akan rampung pada akhir tahun ini dan diharapkan sudah bisa digunakan pada Januari 2023.

“Akhir tahun ini selesai semua yang di taman dan revetment. Insya Allah Januari 2023 sudah bisa digunakan. Revetment nanti menghubungkan Pintu Air Demangan baru dan Pintu Air Demangan lama Solo. Itu yang di atasnya nanti ada jogging track, panjangnya sekitar 350 meter,” jelas Isnaeni kepada Solopos.com, Selasa (27/12/2022).

Isnaeni menambahkan khusus untuk Tugu Apem Sewu akan dilakukan perbaikan tambahan karena ada beberapa ornamen yang hilang dicuri. “Sebenarnya sudah selesai, tetapi memang perlu ada beberapa perbaikan karena ada beberapa ornamen yang sudah pada hilang dicuri,” keluh Isnaeni.

Pintu Air Demangan baru Solo memang diproyeksikan tidak hanya menjadi sarana pengendali banjir tetapi juga objek wisata dengan keindahan taman dan jogging track. Untuk pengendalian banjir, pintu air yang dibangun dengan anggaran total mencapai Rp112 miliar itu dilengkapi enam pintu yang masing-masing berkapasitas 70 meter kubik per detik.

Sementara untuk wisata sudah disiapkan taman dengan tempat duduk dan jogging track. Diharapkan adanya taman ini menjadi wadah untuk interaksi masyarakat sekitar sekaligus menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin melihat Sungai Bengawan Solo secara langsung.

Proyek pembangunan pintu air Demangan baru untuk menggantikan pintu air Demangan lama. Proyek tersebut dikerjakan Kementerian PUPR sejak 2019 dalam dua tahap pengerjaan yakni tahap pertama dengan anggaran sekitar Rp41,7 miliar dan tahap kedua sekitar Rp71 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya