SOLOPOS.COM - Sejumlah warga mengunjungi Objek Wisata Umbul Pengging, Boyolali, pada H+3 Lebaran, Selasa (25/4/2023). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — Objek wisata Umbul Pengging Boyolali ramai dikunjungi wisatawan pada momentum libur Lebaran tahun ini. Jumlah pengunjung tercatat mengalami kenaikan hingga 50% dibandingkan hari-hari biasa.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan momentum Lebaran tahun-tahun sebelumnya, jumlah tersebut mengalami penurunan. Pada Selasa (25/4/2023) siang, terlihat beberapa kendaraan terparkir di area parkir dalam kompleks Umbul Pengging, Boyolali.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Di salah satu kolam renang, yakni di Umbul Temanten, terlihat beberapa pengunjung sedang berenang maupun yang baru saja datang. Sebagian besar pengunjung datang berombongan.

Penanggung jawab loket tiket masuk wisata Umbul Pengging Boyolali, Nur Mila, mengatakan pada hari-hari biasa jumlah pengunjung berkisar 200-300 orang per hari. Namun pada momentum Lebaran tahun ini selama tiga hari mulai H+1 total mencapai sekitar 1.000 orang.

“Jadi kalau dibanding hari-hari biasa khususnya pada hari Minggu atau liburan, ada kenaikan sekitar 50%,” kata dia saat diwawancarai Solopos.com, Selasa. Namun dia menyampaikan jika dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya jumlah pengunjung justru menurun.

Ada kemungkinan hal itu terjadi karena saat ini banyak objek wisata baru yang bermunculan baik di Boyolali mamupun di Soloraya secara umum. Meskipun demikin, Nur mengatakan penurunan jumlah pengunjung di Umbul Pengging Boyolali tidak signifikan, yakni sekitar 20%.

Di lokasi lain, pada momentum Lebaran, tepatnya di Umbul Tlatar juga sempat digelar kegiatan Gebyar Syawalan selama dua hari, yakni 23-24 April 2023 dengan hiburan musik dangdut.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Supana, menyampaikan kegiatan tersebut digelar dalam rangka memberikan suasana liburan Lebaran bagi masyarakat. Acara tersebut menyuguhkan pertunjukan musik baik akustik maupun dangdut.

Salama dua hari pelaksanaan event tersebut, jumlah pengunjung di Umbul Tlatar mencapai sekitar 5.100 orang. Namun begitu, menurutnya jumlah tersebut belum optimal karena semakin banyaknya pilihan objek wisata saat ini.

“Ini semata-mata kami dari Pemkab memberi ruang dan waktu bagi masyarakat Boyolali untuk menikmati liburan Lebaran sekaligus mengenalkan objek wisata di Boyolali,” kata dia.

Untuk destinasi wisata lain di Boyolali, seperti Kebun Raya Indrokilo, juga mengalami peningkatan jumlah pengunjung pada H+2 dan H+3 Lebaran tahun ini. berdasarkan data dari pengelola, tercatat pada Senin (24/4/2023) ada sekitar 710 pengunjung.

Sedangkan pada Selasa sampai pukul 10.20 WIB terdapat sekitar 207 pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya