SOLOPOS.COM - Acara rapat persiapan Hajad Dalem Tingalan Jumenengan ke-19 PB XIII, di Kagungan Dalem Sasana Nalendra Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Senin (13/2/2023). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, SOLO —Persiapan demi persiapan telah rampung dilakukan pihak Keraton Kasunanan Surakarta jelang Kirab Jumenengan ke-19 Paku Buwono XIII pada Kamis (16/2/2023).

Wakil Ketua III sekaligus pemimpin Rapat Pamungkas Jumenengan Ke-19 PB XIII, K.G.P.H. Adipati Benowo mengatakan pihak keraton menyiapkan satu Kereta Garuda Putra untuk dinaiki Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat kirab jumenengan nanti.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Benowo mengatakan kereta tersebut nantinya bersandingan atau sejajar dengan kereta yang ditunggangi oleh putra mahkota. Posisi kereta ini berada di barisan kedua dari depan posisi kirab. Sementara barisan paling depan adalah Kereta Garuda Kencana untuk ditunggangi oleh raja. Hal tersebut diungkapkan seusai rapat Jumenengan ke 19 pada Senin (13/2/2023).

“Namanya juga Garuda kencana artinya nomor wahid, Garuda Putra berarti ke dua, untuk anaknya [putra mahkota],” jelas dia.

Benowo menjelaskan untuk persiapan Kirab Jumenengan ke 19 PB XIII sudah hampir 100%, tinggal penyempurnaan persiapan. Selain itu, nantinya terdapat sejumlah prajurit keraton yang akan mengiringi Kirab Jumenengan seperti sebelumnya

“Ada delapan atau 12 kalau komplit, ada sorogeni, jayeng astro,” kata dia.

Diperkirakan Benowo, peserta kirab dari keraton berjumlah seribuan. Sejumlah peserta kirab tersebut juga akan memeriahkan kirab dengan penampilan-penampilan drum band.

“Kalau diperbolehkan, itu abdi-abdi juga mau ikut berpartisipasi kirab,” jelas dia.

Rute Kirab Jumenengan nantinya mirip seperti Kirab Sura. Kirab Jumenengan dimulai dari Kamandungan Keraton Kasusnanan Surakarta.

“Seperti Kirab Sura, jadi dimulai dari Alun-alun Utara ke Utara, ke [arah] Kantor Pos belok kanan ke Pasar Kliwon, kemudian selatan, ke Gading, Gading ke perempatan Gemblegan ke utara, kemudian sampai ke perempatan Nonongan, kembali ke timur, masuk kembali ke keraton,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya