SOLOPOS.COM - Wali Kota, Gibran Rakabuming Raka (dua dari kanan) bersama Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa (kiri) meninjau rumah Semanggi Kampung Harmoni di Pasar Kliwon, Solo, Selasa (7/2/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming melakukan kunjungan ke Jepang selama sepekan ini. Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa kembali menjabat sebagai Plh Wali Kota Solo selama Gibran melakukan perjalanan ke luar negeri.

Plh Wali Kota Solo menjelaskan Gibran melakukan perjalanan ke Jepang. Teguh tidak menjelaskan lebih rinci agenda Gibran dan bersama siapa selama kunjungan di Jepang sepekan ini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Besok tanya ke Pak Wali saja. Saya hanya diberikan surat, melaksanakan tugas, itu saja selesai,” kata Teguh ditemui di lokasi Karya Bhakti Daerah (KBD) VI di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Senin (10/7/2023) siang.

Terpisah, Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Solo, Herwin Tri Nugroho,  menjelaskan penunjukkan Teguhh sebagai  Plh Wali Kota Solo karena Gibran mengambil cuti selama sepekan ini.

“Pak Teguh menjadi Plh Wali Kota Solo hari ini sampai Jumat,” kata Herwin ditemui di kantornya, Senin (10/7/2023) pagi.

Herwin mengatakan tidak mengatahui alasan Wali Kota Solo mengajukan cuti sampai Jumat. Tugas-tugas harian Wali Kota Solo dijalankan oleh Teguh.

Herwin mengatakan Teguh menjadi Plh Wali Kota Solo tidak selalu karena Wali Kota Solo cuti namun ketika Gibran berhalangan sementara. Surat menjadi Plh Wali Kota Solo sudah diterima Teguh.

Sebelumnya, Wali Kota Solo menegaskan berfokus menjalin hubungan internasional/diplomasi pada semester II/2023. Salah satunya untuk meningkatkan kunjungan turis mancanegara ke Kota Solo.

Menarik turis mancanegara dilakukan sebagai tindak lanjut setelah Kota Solo menjadi salah satu kota yang masuk nominasi kota kreatif Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO.

“Event di Solo ini secara konsisten ramai terus, tapi wong lokal kabeh, enam bulan ini saya akan konsisten untuk hubungan internasional. Makane kemarin dengan Korea Selatan [Korsel]” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo awal bulan lalu.

Menurut Gibran, ada sejumlah calon maskapai penerbangan yang tertarik membuka penerbangan dari luar negeri ke Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo dan sebaliknya.

“Kemarin ada beberapa calon-calon maskapai. Ditunggu sik ya, penentunya bukan saya soale,” paparnya.

Gibran menjelaskan sejumlah negara potensial untuk penerbangan langsung dari dan ke Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, antara lain Singapura, Malaysia, dan China.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadiwibowo mengatakan Kota Solo berhasil menjadi nominasi di bidang crafts dan folk art setelah selalu gagal pada tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi kalau gak salah syarat unsur penilaian masuk jejaring kota kreatif dunia adalah punya dukungan dari kota-kota lain di seluruh dunia. Kita perlu dukungan kota-kota di negara lain,” ujarnya.

Menurut dia, bidang folk art yang menjadi unggulan Kota Solo, antara lain wayang orang, ketoprak, dan Ramayana. Bidang crafts, antara lain berbagai industri dari UMKM.

“Industri kreatif UMKM bisa membuat benda-benda kerajinan termasuk batik. Kerajinan bahan daur ulang, kami dorong berkarya, meningkatkan karya lebih bagus,” papar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya