SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berharap tidak ada pihak-pihak yang memprovokasi dan membikin panas saat pengerjaan revitalisasi Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan, termasuk pemindahan pedagang kaki lima (PKL).

Gibran meminta agar unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Solo ikut mengawal proyek revitalisasi Alun-alun yang diperkirakan mulai dikerjakan pada Oktober 2023.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hal ini disampaikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri rapat unsur Forkopimda Solo di Makodim 0735/Solo, Senin (31/7/2023) petang.

Acara itu juga dihadiri oleh Waki Wali Kota Solo, Teguh Prakosa; Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, Komandan Kodim (Dandim) 0735/Solo, Letkol Inf Eko Hardianto.

Turut hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Solo, DB Susanto, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Solo.

“Saya minta Forkopimda Solo juga ikut mengawal proyek revitalisasi alun-alun. Jangan ada provokasi, jangan dipanas-panasi,” ujar Gibran.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyebut proyek revitalisasi alun-alun merupakan program prioritas pembangunan. Dia memperkirakan proyek revitalisasi mulai dikerjakan pada Oktober 2023.

Sesuai lini masa, pengerjaan proyek revitalisasi alun-alun ditarget rampung Juni 2024. “Mungkin Oktober sudah mulai dikerjakan. Waktu yang tersisa untuk pemindahan pedagang,” ujar dia.

Proyek revitalisasi alun-alun dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah (BPPWJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Proyek itu menelan anggaran senilai kurang lebih Rp35 miliar.

Kepala BPPWJT, Kuswara, mengatakan penataan kawasan Keraton Solo itu diawali dengan penandatangan kerja sama antara BPPWJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemkot Solo, dan Keraton Solo.

Proyek revitalisasi Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan bakal dikerjakan berbarengan. Proyek tersebut dikerjakan dengan anggaran tahun jamak atau multiyears pada 2023 dan 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya