SOLOPOS.COM - Warga Prengguk RT 002/RW 008, Bogem, Bayat menggelar zikir dan tahlil menyambut Tahun Baru Islam 1442 H, Kamis (20/8/2020) malam. (Solopos.com-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Warga Prengguk RT 002/RW 008, Bogem, Bayat, Klaten, menggelar pembacaan zikir dan tahlil guna menyambut Tahun Baru Islam 1442 H, Kamis (20/8/2020) malam.

Selain menggelar zikir dan tahlil, dalam kegiatan tersebut tokoh spiritual di Bogem Bayat, Sumarno, 68, juga mengarak pusaka berupa keris yang diyakini sebagai peninggalan zaman Kerajaan Mataram kuno.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Rangkaian peringatan 1 Muharam 1442 H itu diawali dengan zikir dan tahlil yang dipimpin Waris Sukoco.

Korsleting Picu Kebakaran Ruang Laboratorium SDN 02 Lalung Karanganyar

Selanjutnya, para peserta zikir dan tahlil di Bogem, Bayat, memanjatkan doa agar pandemi Covid-19 segera sirna dari Tanah Air. Sehingga, seluruh warga di Tanah Air dapat kembali beraktivitas secara normal.

Para peserta zikir dan tahlil juga berdoa agar para pemimpin bangsa, dari presiden hingga pemimpin di daerah paling kecil dapat menjalankan amanah dengan baik di tengah pandemi Covid-19.

"Di sini, saya mengajak kepada siapa pun yang bersedia untuk berdoa bersama agar pandemi Covid-19 segera sirna. Bencana Covid-19 tak bisa ditangkal dengan obat atau vaksin sampai sekarang. Jadi, mari sama-sama berdoa [kepada Tuhan Yang Maha Esa]," kata tokoh spiritual asal Bogem, Bayat, yakni Sumarno, 68, saat ditemui wartawan di daerah setempat, Kamis.

Permintaan Air Bersih Sragen Diprediksi Memuncak Awal September, Bantu Yuk!

Selain zikir dan tahlil, lanjut Sumarno, rangkaian kegiatan menyambut tahun baru Islam itu juga diwarnai dengan ritual mengarak pusaka di Dukuh Prengguk.

Keris dan Tujuh Tombak

Pusaka yang dikirab termasuk keris Kiai Jangkung Nogo Seluman yang dinilai peninggalan zaman Kerajaan Mataram kuno. Di samping itu, terdapat pula tujuh tombak Cacing Kanil.

"Pusaka keris ini usianya sudah ratusan tahun. Ini sejak zaman Mataram kuno," katanya.

Seksi I Tol Solo-Jogja Jalur Kartasura-Purwomartani Dibangun Mulai Pertengahan 2021

Perwakilan tokoh masyarakat Bogem, Bayat, Wahyudi, mengatakan rangkaian kegiatan tersebut merupakan upaya menyambut tahun baru 1442 H.

"Keluarga Pak Sumarno mengucapkan banyak terima kasih atas kerawuhan bapak-bapak," katanya.

Nekat Buka dan Jual Miras Ilegal, Karaoke Aloha Sukoharjo Disegel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya