SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Solopos.com)–Setelah sukses menggelar kegiatan upacara HUT ke-66 RI dan lomba dayung tradisional nelayan di perairan Waduk Gajah Mungkur (WGM), Masyarakat Gajah Mungkur (MGM) menggelar kegiatan pawai obor takbir dan pesta kembang api.

Kegiatan dalam rangka menyambut Idul Fitri 1432 H itu dilakukan di lapangan sepakbola, Kompleks WGM, Sendang, Wonogiri, Senin (29/8/2011) malam.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sekitar seratusan warga dan nelayan membentuk barisan seperti pawai karnaval dengan membawa obor sedang yang lain mengikutinya. Sepanjang perjalanan mereka mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil untuk mengagungkan nama Allah SWT. Ketua MGM Wonogiri, Bondan Sejiwan Boma Aji mengatakan kegiatan itu diikuti oleh warga di 13 dusun yang ada di Desa Sendang.

Menurutnya, pesta kembang api dan pawai obor baru kali digelar. “Obor menjadi simbol pencerahan yang biasa dipergunakan masyarakat perdesaan. Di tengah isu globalisasi dan modernisasi, nyala obor masih relavan,” ujarnya.

Diakuinya, kegiatan tersebut diprakarsai Masyarakat Gajah Mungkur (MGM). “Pesta kembang api tidak identik hura-hura namun lebih kepada semangat memeriahkan sebuah hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat. Nyala kembang api sangat menghibur warga. Semua bertepuk tangan dan menikmati nyala kembang api. Kami juga berharap kegiatan ini bisa menggairahkan obyek wisata di Wonogiri, khususnya WGM.”

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Pranoto menyambut baik prakarsa tersebut. Menurutnya pawai 1.000 obor dan pesta kembang api akan menghidupkan obyek wisata WGM di waktu malam. Menurut mantan Kepala Bappeda ini, selama ini kehidupan malam di obyek wisata WGM belum digarap.

“Kami berharap, sepanjang waktu obyek wisata ramai sehingga memikat wisatawan untuk bermalam di Wonogiri. Jika obyek wisata ramai akan memberi manfaat ganda, baik di sektor pariwisata, kuliner, penginapan maupun perekonomian masyarakat sekitar,” katanya.

(tus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya