SOLOPOS.COM - Tim SAR Kabupaten Klaten bersama TRC BPBD, tim Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, serta sukarelawan desa mengevakuasi jenazah di sumur milik warga Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Klaten, Rabu (22/5/2024) malam. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN – Warga Desa Dompyongan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, berinisial SR, 46, diduga tidak mengetahui kondisi tempat dia beraktivitas hingga akhirnya terperosok masuk ke sumur milik warga Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Klaten.

SR yang menghilang sejak dua pekan sebelumnya ditemukan meninggal di dalam sumur tersebut, Rabu (22/5/2024) malam. Diduga laki-laki itu tercebur sumur karena tidak mengetahui kondisi di sekitar lokasi yang dipenuhi pepohonan dan semak-semak.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal itu disampaikan Kapolsek Prambanan, AKP Jaenudin, saat ditemui wartawan di kompleks Candi Sojiwan, Klaten, Kamis (23/5/2024). “Dari hasil pemeriksaan petugas medis, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Murni karena tidak ketahuan dia terkait kondisi di sekitar lokasi,” jelas Jaenudin.

Jaenudin menjelaskan SR sebelumnya dilaporkan menghilang sejak 14 hari atau dua pekan sebelum ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di dalam sumur di Prambanan, Klaten. Sumur berada di pekarangan warga dan tidak lagi difungsikan. Lokasi sumur cukup jauh dari permukiman warga.

Posisi bibir sumur itu rata dengan permukaan tanah. Selain itu, sumur tertutup semak-semak. Diduga, SR tak mengetahui ada sumur di lokasi itu dan jatuh ke dalamnya. “Sumur itu tidak ada pagarnya dan tertutup semak-semak serta dalam. Dimungkinkan dia tidak mengetahui di lokasi itu ada sumur,” jelas Jaenudin.

Seperti diberitakan sebelumnya, jasad SR ditemukan di dalam sumur sedalam 8 meter di Prambanan, Klaten. Proses evakuasi korban dilakukan tim SAR Kabupaten Klaten dibantu TRC BPBD, tim Damkar, serta sukarelawan desa.

Setelah dievakuasi, jenazah diserahkan ke perwakilan keluarga serta perangkat desa, disaksikan petugas Puskesmas serta Polsek Prambanan. Kades Dompyongan, Kecamatan Jogonalan, Sarono, membenarkan laki-laki tersebut merupakan warga Dompyongan.

Sebelumnya, laki-laki berinisial SR itu meninggalkan rumah sejak Rabu (8/5/2024). Lantaran tak kunjung pulang, keluarga kemudian membuat laporan kehilangan.

“Kemudian hari ini tadi sore sekitar pukul 18.00 WIB ada warga Joho melihat sepeda yang diletakkan di samping rumah kosong. Warga yang menemukan kemudian melapor ke Pak RT setempat. Ada kecurigaan kemudian dilakukan pencarian dan ditemukan seseorang sudah ada di dalam sumur dengan posisi meninggal dunia,” kata Sarono.

Belakangan diketahui laki-laki di dalam sumur itu berinisial SR. Sepeda onthel yang awalnya ditemukan warg sehari-hari digunakan SR untuk bepergian.

Kondisi SR diketahui kurang sehat dan sehari-hari mencari rumput untuk pakan ternak dengan mengayuh sepeda onthel. “Kesepakatan dari keluarga untuk jenazah langsung dimakamkan malam ini,” jelas Sarono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya