SOLOPOS.COM - Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Karangasem, Cawas, Klaten. (klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN – Jadwal pemberian suntikan dosis kedua vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah di Klaten tertunda. Kondisi itu terjadi lantaran stok vaksin Covid-19 menipis.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, warga di beberapa daerah semestinya mengikuti jadwal vaksinasi suntikan dosis kedua pada Senin (1/11/2021). Hanya, jadwal itu diundur dan tak bisa dipastikan jadwal pengganti vaksinasi dosis kedua.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Salah satu pengurus Dukuh Garuman, Desa Kalitengah, Kecamatan Wedi, Sukamto, mengatakan banyak warga di kampungnya yang mempertanyakan jadwal vaksinasi dosis kedua. Warga yang sebelumnya sudah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama dijadwalkan mengikuti vaksinasi dosis kedua pada Senin.

Baca Juga: Bereaksi 5 Menit, Racun Potas Sebabkan Ibu 3 Anak di Juwiring Meninggal

Namun, jadwal suntikan dosis kedua vaksin Covid-19 itu diundur tanpa ada kejelasan waktu. “Kami sendiri tidak bisa menjawab. Warga juga sudah menanyakan ke kepala desa juga belum bisa memastikan serta diminta menunggu,” kata Sukamto saat ditemui di Kecamatan Klaten Tengah, Selasa (2/11/2021).

Kondisi serupa terjadi di wilayah Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan. Warga yang sudah menerima suntikan dosis pertama dijadwalkan mengikuti vaksinasi dosis kedua pada Senin. Namun, jadwal vaksinasi ditunda dan belum ada kejelasan waktu pelaksanaan.

Lurah Gayamprit, Sapto Atmodjo, membenarkan ada penundaan jadwal vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Penundaan itu terjadi lantaran stok vaksin Covid-19 kosong.

Baca Juga: Dibekuk di Wonogiri, Ipar di Juwiring Dijerat Pembunuhan Berencana

Di Gayamprit, 755 warga menunggu menerima suntikan dosis kedua vaksin Covid-19. “Kami menunggu dropping vaksin,” jelas dia.

Kepala Dinkes Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan capain vaksinasi Covid-19 di Klaten untuk suntikan dosis pertama sudah lebih dari 77 persen sementara suntikan dosis kedua sudah lebih dari 50 persen. Cahyono mengakui jadwal vaksinasi dosis kedua di beberapa wilayah tertunda.

Penundaan itu terjadi lantaran stok vaksin Covid-19 menipis. Warga diminta bersabar menunggu turunnya pengiriman dosis vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi.

Baca Juga: Kakak di Juwiring Masukkan Potas ke Minuman saat Adik Ipar ke Wonogiri

 

Stok Menipis

“Untuk dropping kami belum tahu. Saat rapat koordinasi Senin kemarin kami sudah sampaikan ke provinsi dan provinsi akan menyampaikan ke pusat. Ditunggu saja. Nanti ketika sudah ada [pengiriman vaksin Covid-19], kami segera informasikan dan segera bisa kami berikan. Yang pasti tetap menerapkan protokol kesehatan ketat [meski sudah menerima vaksinasi Covid-19],” kata Cahyono.

Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, juga membenarkan ada penundaan pemberian suntikan dosis kedua vaksinasi Covid-19 di beberapa wilayah. Dia juga menjelaskan kondisi tersebut terjadi lantaran menipisnya stok vaksinasi Covid-19.

“Adapun stok vaksin itu hanya untuk dosis kedua dan jumlahnya tidak banyak,” kata Ronny.

Baca Juga: Alhamdulillah, Boyolali Zona Risiko Rendah Covid-19

Ronny mengatakan pemkab masih menunggu pengiriman vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat melalui provinsi. Dimungkinkan, jatah vaksin Covid-19 yang semestinya untuk Kabupaten Bersinar dialihkan ke kabupaten lainnya di Jawa Tengah dengan capaian vaksinasi Covid-19 masih di bawah 50 persen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya