SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa sekolah negeri dan swasta. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN–Sebagian orang tua mengeluhkan biaya pendidikan anak mereka yang semakin tinggi, terutama ongkos pendidikan di sekolah swasta.

Tak dimungkiri sekolah swasta kian diminati atas alasan tertentu seperti pertimbangan perihal basis pendidikan keagamaan, fasilitas yang dinilai lebih lengkap, atau alasan mengenai kualitas pendidikan yang dianggap baik.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Orang tua rela merogoh kocek dalam-dalam asalkan anak mereka bisa bersekolah swasta yang dianggap mampu memberikan dampak positif terhadap anak sesuai yang diharapkan.

Bagi orang tua yang mampu tentu tak mempermasalahkan soal biaya. Namun, tak sedikit orang tua yang mengeluh lantaran biaya sekolah, terlebih di sekolah bertaraf internasional, sekarang ini semakin tinggi.

Orang tua siswa sekolah swasta di Klaten, Joko Priyono, mengonfirmasi biaya pendidikan anaknya di sekolah swasta memang tinggi.

“Saya akui biaya pendidikan saat ini memang mahal. Saya memiliki empat anak. Saya memang menginginkan semua anak saya mengenyam pendidikan di TK hingga SD yang islami, ada unsur dakwahnya [sekolah swasta]. Konsekuensinya, biayanya mahal,” kata Joko yang juga aparatur sipil negeri (ASN) di lingkungan Pemkab Klaten ini kepada Solopos.com, Minggu (18/6/2023) lalu.

Kendati demikian, Joko tak mau menyerah. Dia menyusun rencana keuangan jangka panjang agar tak terlalu berat dalam membiayai sekolah anaknya.

“Saya selalu menyisihkan uang bulanan untuk dimasukkan ke pos pendidikan anak. Bahkan sejak anak saya berusia 3-4 tahun, biaya pendidikan itu sudah saya siapkan. Alhamdulillah sampai sekarang relatif tak ada gangguan dalam menyiapkan pendidikan anak,” ucap Joko.

Apa yang dilakukan Joko dapat menjadi contoh bagi orang tua lainnya agar tidak terbebani dengan masalah biaya pendidikan anak di kemudian hari.

Kisah Joko selengkapnya dapat dilihat di Expose, majalah elektronik atau emagazine (emagz) Solopos edisi Juli ini.

Pada Expose edisi teranyar tersebut terdapat ulasan mengenai tips merencanakan keuangan untuk pendidikan anak.

Expose edisi kali ini juga membahas ihwal liku-liku mahasiswa. Ini menarik lantaran tak sedikit mahasiswa yang ternyata salah mengambil jurusan.

Ulasannya dijamin menarik tentunya. Terlebih, tampilan Expose sangat memanjakan mata sehingga pembaca bakal nyaman. Makanya lekas klik tautan ini agar bisa langsung membuka ExposeTautan menuju Expose ada di sini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya