SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). (JIBI/Solopos/Antara/Dewi Fajriani)

Warga miskin Boyolali, sebanyak 92.492 KK akan menerima KIS tahap II.

Solopos.com, BOYOLALI–Sebanyak 92.492 KK miskin di 19 kecamatan di Boyolali akan menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahap II dari pemerintah pusat. Program KIS itu bertujuan untuk meringankan beban warga miskin yang sakit.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Manajer Operasional Kantor Pos Pusat Boyolali, Mujiono, mengatakan pembagian KIS tahap I sebanyak 25.577 KK sudah selesai semua pada Selasa (15/12/2015). Dari jumlah KIS tahap I tersebut sebanyak 24.857 KK sudah menerima kartu sedangkan 720 kartu dikembalikan ke kantor Pos.

“Pengembalian kartu KIS itu karena pemiliknya tidak diketahui keberadaannya setelah pindah alamat. Kami sudah berusaha mencari alamat pemilik kartu dengan bertanya ke kecamatan dan desa tetapi hasilnya nihil,” ujar Mujiono saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Rabu (16/12/2015).

Mujiono mengatakan kartu yang gagal dibagikan itu tidak bisa dialihkan ke warga miskin lainnya yang belum mendapatkan KIS. Data penerima KIS tahun ini yang mendata adalah pemerintah pusat sehingga jika ada kesalahan penerima bukan tanggung jawab Kantor Pos.

“Kalau ada temuan kartu salah cetak yang berhak mengganti bukan Kantor Pos. Tugas Kami hanya membagikan KIS kepada penerima,” kata Mujiono.

Ia menjelaskan tahap II pembagian KIS Boyolali mendapatkan tambahan sebanyak 66.915 KK. Sementara tahap I sebanyak 25.577 KK sehingga jika ditotal keseluruhan yang menerima kartu KIS tahap II nanti sebanyak 92.492 KK. Namun, kapan kartu tersebut mulai dibagikan kepada penerima sampai sejauh ini belum ada kepastian.

“Kantor Pos hanya mendapatkan data jumlah penerima KIS tahap II. Kartu fisiknya belum kami terima sampai sekarang,” kata dia.

Mujiono mengatakan penerima KIS tahap II paling banyak berada di Kecamatan Wonosegoro sebanyak 6.746 KK dan Ampel sebanyak 5.607 KK.

Kepala Bidang (Kabid) Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmingrasi (Dinsosnakertrans) Boyolali, Hanik Nuril Qoyyimah, mengatakan pihak yang berhak membagikan KIS ada dua yakni Badan Penyelenggara Kesehatan Jaminan Sosial (BPJS).

KIS tahap II di BPJS sudah dibagikan sedangkan di Kantor Pos belum ada kepastian sampai sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya