SOLOPOS.COM - Pengamatan Hilal (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Solopos.com, SRAGEN — Warga Muhammadiyah di Kabupaten Sragen bakal melaksanakan Salad Idulfitri pada Jumat (21/4/2023) besok. Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023.

Ketetapan itu sesuai dengan keputusan Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menyiapkan pengamanan dalam pelakanaan Salat Id tersebut. Para pimpinan Muhammadiyah di Sragen sudah berkoordinasi untuk pelaksanaan Salat Idulfitri itu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sragen, Dodok Sartono, saat dihubungi Solopos.com, baru-baru ini, membenarkan penjelasan tersebut. Dia mengatakan PDM juga sudah menginstruksikan ke seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) untuk menyelanggarakan Salat Id pada 21 April 2023.

“Untuk tempatnya belum di-update,” katanya.

Sementara itu, pelaksanaan Salat Id yang dilakukan Pemkab Sragen masih menunggu keputusan dari Kementerian Agama. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sragen, Sutrisna, mengundang sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan stakeholder terkait untuk persiapan pengamanan dalam menyambut Lebaran, terutama berkaitan dengan penyiapan pos pengamanan dan pos pelayanan mudik serta persiapan pelaksanaan Salat Idulfitri.

Rapat tersebut dihadiri dari unsur Polri, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Orari, Senkom, dan RAPI.

“Muhammadiyah sudah rilis, Salat Id dilakukan pada Jumat. Kalau pinjam lokasi milik pemerintah akan difasilitasi. Kalau Salat Id pemerintah masih menunggu dari hasil sidang isbat Kementerian Agama. Kalau Salat Id pemerintah jelas di Alun-alun. Kemungkinan kalau Muhammadiyah di Masjid Raya Al Falah,” ujarnya.

Sutrisna mengatakan kemungkinan lokasi Salat Id bagi warga Muhammadiyah juga dilakukan di IPHI Nglorog dan GOR Diponegoro Sragen.

Dia menerangkan pospam ada sembilan lokasi yang mulai operasional pada Selasa (18/4/2023) hingga 1 Mei 2023. Dia merencanakan untuk kunjungan forum pimpinan daerah ke sejumlah pospam itu pada 20 Mei 2023.

“Kunjungannya mulai dari pospam di Alun-alun, kemudian ke Pilangsari, lalu ke pos pam di exit tol Sambungmacan, rest area 538 B, 519 B, 519 A, dan Pungkruk,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya